by

Amankan Mudik Lebaran, Belasan Kapal Patroli Disiagakan

Cilegon: Sebanyak 18 kapal Patroli dan 149 personel Ditpolairud Polda Banten disiagakan untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2022 di sejumlah titik rawan gangguan Kamtibmas dan rawan kecelakaan laut.

Kapal patrol itu disiagakan di perairan Pelabuhan Merak, Bojonegara, Pulau Tunda, Pulau Panjang dan juga tempat wisata di Anyer dan Carita.

“Kita menggelar 18 kapal Patroli Ditpolair Polda Banten yang kita ploting, empat kapal di wilayah Anyer dan Carita, 6 kapal di pelabuhan Merak, dua kapal di wilayah pelabuhan Bojonegara, satu kapal di pulau Tunda dan satu kapal pulau Panjang. Selain itu, kami juga telah menyiapkan ratusan personel untuk pengamanan saat lebaran,” kata Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol. Giuseppe Reinhard Gultom disela-sela kegiatan patroli sekaligus berbagi takjil kepada masyarakat perairan di Pulau Merak Besar, Selasa (12/4/2022).

Gultom menerangkan, kegiatan Patroli kapal merupakan tugas pokok personil Ditpolairud Polda Banten dalam melakukan pengamanan di wilayah perairan di Banten. Apalagi, sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan arus mudik dan arus balik yang harus dilakukan pengamanan yang lebih maksimal.

“Kegiatan Patroli merupakan tugas pokok kita (Polairud Polda Banten) namun menjelang arus mudik dalam rangka menghadapi operasi ketupat kita tentunya akan meningkatkan Patroli,” ujar Gultom.

Gultom optimistis rangkaian mobilitas masyarakat pada saat arus mudik maupun saat balik pasca Idul Fitri 1443 H dapat berjalan dengan lancar dengan dukungan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Dengan partisipasi aktif masyarakat, optimis rangkaian arus mudik dan arus balik akan berjalan lancar terutama di wilayah perairan Banten,” ungkap Gultom.

Sementara, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga menyampaikan, dalam kegiatan Patroli rutin yang dilakukan petugas Ditpolairud Polda Banten. Selain melakukan pengamanan namun juga dalam rangka meningkatkan pengamanan jelang arus mudik dan arus balik lebaran mendatang.

“Tugas pokok petugas Ditpolairud Polda Banten dalam melaksanakan Patroli di perairan, untuk mengantisipasi arus mudik dan balik. Sekaligus untuk mempersiapkan unit-unit Patroli maupun orang. Maka Ditpolairud melakukan secara rutin dan harus ditingkatkan untuk menjamin rangkaian kegiatan arus mudik dan balik dalam operasi ketupat dapat berjalan lancar,” terangnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.