Aman Digunakan, Presiden Sebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jakarta – Kereta Cepat Jakarta-Bandung aman digunakan sebagai transportasi masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Negara saat berada di dalam Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tepatnya di gerbong untuk awak media.

Presiden menjelaskan, kereta sejenis bahkan dipakai di negara asal, Republik Rakyat Tiongkok, dengan jalur sepanjang 48 ribu kilometer. “Mereka kan expert (ahli) di situ,” kata Presiden kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).

Ia berharap, kenyamanan KA Cepat menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Hal ini demi mengurangi kemacetan yang telah merugikan negara ratusan triliun rupiah.

“Zaman saya Gubernur (DKI Jakarta), itu Rp65 (triliun) dihitung. Sekarang sudah lebih dari Rp100 (triliun),” ujar Presiden lebih lanjut.

Kepala Negara juga mengatakan, KA Cepat ini menjadi kebanggaan untuk Indonesia. Selain karena kecepatan dan keamanan, juga tentunya bentuk transisi peradaban masyarakat, agar memilih transportasi massal.

Kecepatan maksimal KA Cepat Jakarta-Bandung dapat mencapai 350 km/jam. Presiden ingin masyarakat dapat merasakan sensasi perjalanan naik KA Cepat lintas provinsi dalam waktu tempuh lebih singkat.

“Orang pasti mencoba dulu, baru menentukan sikap, belum ngerasain sudah mengomentari. Rasain dulu 350 km/jam seperti apa dari Halim sampai ke Padalarang berapa menit tadi, 25 menit,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi naik KA Cepat Jakarta-Bandung dengan ditemani banyak selebritas. Selebritas yang hadir di antaranya Raffi Ahmad, Nirina Zubir, Yuni Shara, Armand Maulana, Cak Lontong, dan Dewa Budjana.

Di Bandung, Presiden mengajak semua rombongan makan bersama di sebuah resto bernama Tjendana Bistro. Setelah makan bersama, Presiden dan rombongan kembali ke Jakarta, kembali menggunakan KA Cepat.

Pemerintah memutuskan tidak ada subsidi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Besaran tarif akan ditentukan oleh Manajemen KCIC bersama Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *