by

Ali Sadikin Layak menjadi Pahlawan Nasional

Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendorong dan akan memperjuangkan mendiang Ali Sadikin menjadi pahlawan nasional. Hal itu lantaran banyak kebijakan Ali Sadikin saat menjabat gubernur DKI Jakarta dirasakan dan bermanfaat bagi warga Jakarta sampai saat ini.

“Saya mendukung upaya penyusunan syarat administrasi untuk mendapatkan gelar tersebut. Seluruh data, kajian, dan dokumen-dokumen telah disiapkan dan akan diserahkan kepada Kementerian Sosial,” kata Prasetyo di akun Instagramnya yang dilihat RRI.co.id, Minggu (13/6/2021).

“Semoga gelar pahlawan nasional untuk Almarhum Ali Sadikin dapat diberikan tepat pada peringatan HUT DKI Jakarta ke-494 mendatang,” harapnya.

Diketahui, Ali Sadikin merupakan Jenderal KKO Angkatan Laut yang ditunjuk langsung Presiden Soekarno pada tahun 1966 untuk menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966.

“Dengan segudang pemikiran cerdas, kerja keras, dan jasa-jasanya kepada negara dan Jakarta maka Bang Ali layak mendapatkan gelar pahlawan nasional. Status yang hingga kini belum tercapai meski telah diusulkan berkali-kali sejak tahun 2010,” ungkap Prasetyo.

Ali Sadikin juga pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora dan Kabinet Dwikora yang disempurnakan di bawah pimpinan Presiden Soekarno.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *