by

Alhamdulillah, Stok Pangan DKI Jakarta Aman

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan bahwa stok pangan untuk kebutuhan warga Ibu Kota menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah masih mencukupi.

“Kondisi pangan Jakarta menjelang Ramadhan Insya Allah aman. Enggak ada masalah, harga terjangkau, kualitas baik dan tersebar di seluruh pasar-pasar yang ada di Jakarta,” kata Riza saat ditemui wartawan di Kawasan Agro Eduwisata Kamal Muara, Ahad.

Riza yang didampingi istrinya, Ellisa Sumarlin dan Pelaksana Tugas ( Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawari saat meninjau hasil panen dari lokasi Agro Eduwisata Kamal Muara, Jakarta Utara.

Kendati hasil panen di lahan seluas 3,6 hektare tersebut tidak untuk dijual ke publik, Riza masih optimistis dengan produktivitas lahan pertanian di DKI Jakarta yang masih memiliki luas lahan kurang lebih 450 hektare.

“Di sini kami memiliki lokasi seluas 3,6 hektare. Sedangkan total di Jakarta ada kurang lebih 450 hektare di beberapa wilayah,” katanya.

Di lokasi tersebut, Riza memanen sukun, buah naga kemudian kacang panjang, singkong dan lain-lain. “Kalau panen di sini kan jumlahnya terbatas, jadi tidak dijual, hanya dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar, bagi petugas PJLT dan sebagainya,” ujar Riza.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata dia, masih terus menyiapkan bibit tanaman mulai dari padi, buah-buahan, sayuran, ahkan bunga untuk ditanami di lahan-lahan yang masih produktif.

“Sekalipun di Jakarta ada banyak gedung pencakar tanah, tapi kami tetap memperhatikan, peduli pertanian, kebun, buah-buahan, termasuk di sini,” ujar dia pula.

Wakil Gubernur DKI Jakarta meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan kebutuhan pangan menjelang Ramadhan.

“Jadi Alhamdulillah kami akan memastikan bahwa kebutuhan pangan di Jakarta sekalipun lahan kita sangat terbatas, tapi kami bisa memenuhi kebutuhan pangan terhadap warga Jakarta. Masyarakat Jakarta tidak usah khawatir, panik dan lain-lain, kebutuhan pangan lebih dari cukup,” kata Riza.
(EP/Ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *