Agar Tak Cepat Habis, Ini Tip Mengelola Uang Tunjangan Hari raya

Jakarta: Momen hari raya Idulfitri selalu di tunggu bagi umat muslim diseluruh dunia. Apalagi yang paling dinantikan adalah Tunjangan Hari Raya atau yang biasa kita sebut dengan THR.

THR memang selalu diberikan rutin tiap tahun untuk para pekerja menjelang hari raya keagamaan. Baik itu Idulfitri ataupun hari besar keagamaan lainnya.

Sebab THR sendiri memang sudah diatur sedemikian rupa. Yakni didalam peraturan menteri tenaga kerja (Permenaker No 6 Tahun 2016).

Instansi pemerintahan dan instansi swasta wajib membayarkan THR kepada pekerja setiap tahunnya di hari raya besar keagamaan. Perlu diketahui THR itu harus dibayarkan oleh pemerintah dan pengusaha paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Bagi sebagian orang dengan adanya THR ini bisa sangat membantu perekonomian keluarga. Terlebih bisa untuk membelanjakan kebutuhan rutin rumah tangga menjelang lebaran.

Tidak sedikit orang yang langsung khilaf membelanjakan semua uang THR. Untuk keperluan penting hingga tidak terlalu penting.

Lantas bagaimana menyikapi hal tersebut? Bagaimana cara mengelola uang THR agar tak cepat habis sebelum waktunya?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar uang THR bisa dikelola dengan baik:

1. Menabung

Saat pertama kali menerima thr, hal pertama yang dilakukan adalah menabung sebagian uang tersebut. Ini bertujuan agar tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak terlalu penting.

2. Menahan Hasrat untuk Belanja Online

Belanja boleh saja selama itu sesuai dengan kebutuhan, yang tidak boleh adalah belanja berlebihan. Sehingga mengakibatkan barang tersebut yang kita beli jadi tidak bermanfaat alias mubazir.

3. Alokasikan untuk Zakat dan Sedekah

Bulan suci Ramadan tentunya menjadi bulan yang penuh rahmat dan berkah. Alangkah baiknya sebelum hari raya Idulfitri bersama-sama menebar kebaikan untuk membantu dengan bersedekah dan berzakat.

Mulai dari sekarang biasakan untuk menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Alihkanlah untuk kebutuhan ibadah, baik itu sedekah, maupun zakat.

4. Buat Daftar Kebutuhan Penting

Jangan sampai uang THR yang Anda terima langsung habis karena membeli hal yang tidak penting atau tidak dibutuhkan. Alangkah lebih baiknya untuk membuat daftar kebutuhan mendesak dan tidak mendesak.

5. Sisihkan untuk Dana Darurat

Tip selanjutnya adalah menyisihkan dana untuk keperluan darurat. Anda bisa alokasikan uang THR 20 hingga 30 persen untuk keperluan dana darurat.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena Anda tidak akan tahu kebutuhan darurat seperti apa yang akan datang. Dalam beberapa hari atau beberapa minggu kedepan.

6. Merencanakan Pengeluaran Lebaran Berikutnya

Yang terakhir adalah selalu mereview pengeluaran lebaran tiap tahunnya. Misalkan di Lebaran tahun 2024 ini menghabiskan uang sekitar 5 juta.

Untuk Learan tahun 2025 berarti kita harus menyiapkan uang kurang lebih 5 juta. Harus sesuai dengan pengeluaran tahun lalu.

Dengan skema ini kita jadi bisa menyisihkan penghasilan tiap bulannya untuk keperluan hari raya yang akan datang. Sehingga dana THR yang diterima tahun depan bisa digunakan untuk keperluan investasi atau tabungan.

‚Äč

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *