94 Perempuan dan 26 Anak Jadi Korban Keganasan Virus Corona

0
(0)

indonesiainside
Home News Nasional
94 Perempuan dan 26 Anak Jadi Korban Keganasan Virus Corona
Oleh: Anya Sidarta -22/04/2020 – 22:02 WIB

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan 94 perempuan dan 26 anak di 21 provinsi dinyatakan positif Covid-19 dan kini mereka tengah dirawat di fasilitas kesehatan.

“Kementerian didukung dinas pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak di daerah telah berhasil mengumpulkan dan mengolah data terpilah menurut jenis kelamin dan usia,” kata Bintang dalam jumpa pers di Graha BNPB sebagaimana disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Rabu (22/4).

Kemudian, yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 4.254 perempuan dan 991 anak. Sedangkan yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 14.755 perempuan dan 6.744 anak.

Bintang mengatakan data terpilah tersebut didapat dari 21 provinsi dari 28 provinsi yang telah mengikuti Gerakan #Berjarak atau Bersama Jaga Keluarga Kita.

“Sebanyak 27 perempuan dan sembilan anak dinyatakan positif sembuh serta 41 perempuan dan enam anak meninggal akibat Covid-19,” tuturnya.

Bintang berharap pemerintah daerah lainnya melibatkan dinas pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah agar semakin banyak data terpilah berdasarkan jenis kelamin dan usia yang didapatkan.

Strategi dan pendekatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lanjut Bintang, pada fase darurat pandemi Covid-19 dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi dalam koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dan dinas di seluruh Indonesia melalui Gerakan #Berjarak.

“Fokus target intervensi diutamakan pada dua upaya utama, meliputi pencegahan dan penanganan,” katanya.

Fokus intervensi Gerakan #Berjarak adalah kelompok yang rentan terdampak Covid-19, yaitu anak, perempuan, lanjut usia, dan penyandang disabilitas.(EP)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anies Terbitkan Kepgub, Ada 1.194.633 KK Penerima Bantuan Sosial

Thu Apr 23 , 2020
0 (0) Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengeluarkan keputusan gubernur (kepgub) terkait pelaksanaan bantuan sosial (bansos) selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Payung hukum itu diteken oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 16 April lalu. Surat tersebut juga ditembuskan kepada sembilan pemangku kepentingan lainnya, seperti […]