by

8 Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan Ini

Jakarta–Setiap bulan puasa tiba, banyak yang menyimpan keinginan untuk menurunkan berat badan. Mungkin Anda pernah mencoba diet sebelumnya tetapi tidak berhasil karena kurang disiplin.

Menurut penelitian dengan menerapkan pola makan yang konsisten sepanjang Ramadhan, ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Tipsnya tidak sulit, semuanya ada pada diri Anda sendiri. Jika Anda memiliki tekad dan disiplin, Anda pasti bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Kalau beratnya bisa diturunkan satu atau dua kilogram di akhir Ramadhan, itu sudah dianggap oke. Tapi, jangan berhenti sampai di situ. Sebaliknya, terus terapkan gaya hidup dan pola makan sehat setelah Ramadhan.

Berikut 8 tips untuk menambah berat badan ideal dengan menjaga pola makan:

Minum 8 gelas air matang
Padahal puasa tidak menghalangi kita untuk minum minimal 8 gelas air setiap hari. Menghidrasi tubuh adalah hal yang sangat penting.

Agar tubuh tetap terhidrasi, praktikkan minum segelas air putih secara bertahap pada waktu-waktu berikut selama Ramadhan.

Saat baru bangun dari tidur
Sebelum dan sesudah sahur
Selama dan setelah istirahat
Setelah sholat maghrib dan isyak
Setelah tarawih
Sebelum tidur
Hindari makan berlebihan
Terkadang adalah hal yang wajar bagi beberapa orang untuk makan berlebihan saat istirahat. Ini sering terjadi saat perut terasa sangat lapar dan nafsu makan sulit dikendalikan.

Beberapa juga malah makan dua kali lipat setelah tarawih. Menurut penelitian, berat badan mudah naik ketika seseorang makan dengan penuh semangat di malam hari.

Biasanya, Anda dianjurkan untuk makan lebih awal atau menghindari makan berlebihan terutama 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Ini karena perut yang kenyang akan memicu terjadinya obesitas.

Selain itu, saat berbuka atau sahur, hindari atau kurangi asupan makanan manis dan berminyak. Idealnya Anda harus berlatih berhenti makan sebelum perut Anda terasa kenyang.

Jangan lewatkan sahur
Jangan hindari bangun untuk sahur meski sedang diet. Bahkan jika Anda hanya menikmati segelas air putih, susu dan kurma. Ini penting karena dapat memberi Anda energi untuk memulai hari Anda.

Protein yang cukup
Saat sahur usahakan tambahkan protein karena bisa menjamin cukup energi sepanjang hari. Mulailah hari dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi.

Misalnya oat, nasi merah, sayur mayur dan buah-buahan. Makanan berprotein tinggi akan membantu memperlambat proses pembakaran kalori. Ini bisa mengurangi rasa lapar dengan cepat.

Saat berbuka disarankan makan putih telur, ikan atau ayam kukus dan daging panggang. Menurut penelitian, ini adalah salah satu makanan yang baik untuk mereka yang sedang diet.

Selain itu, hindari makanan asin saat sahur karena kandungan garam yang berlebihan akan membuat tenggorokan haus di siang hari.

Sayur dan buah segar
Untuk melengkapi pola makan sehat, pastikan mengonsumsi sayur dan buah segar. Jika ingin menikmati minuman manis, hindari minum sirup atau makanan manis beraroma manis. Sebagai gantinya, buat jus buah atau smoothie bebas gula Anda sendiri.

Kurangi gula dalam minuman dan makanan
Jauhi minuman yang mengandung gula atau kafeina tinggi. Hindari juga kue yang sangat manis.

Pastikan untuk meminum air rebusan dan menjadikannya sebagai minuman ‘wajib’. Tahukah Anda, air putih memiliki nol kalori dan dapat membantu menghilangkan sisa racun dalam tubuh secara efektif.

Berolahraga dan tetap berenergi
Jangan memberi alasan untuk tidak bisa berolahraga atau bersantai saat berpuasa. Hindari membatasi diri secara berlebihan dan bermalas-malasan sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas. Anda juga tidak didorong untuk tetap tidur.

Sebaliknya, tetaplah berolahraga. Tapi, hindari melakukan olahraga yang melukai diri sendiri atau berat. Kegiatan sehari-hari masih bisa dilanjutkan seperti bersih-bersih rumah, memasak, jalan-jalan santai di taman pada sore hari dan lain sebagainya. Yang penting tubuh tetap aktif.

Vitamin
Dapatkan vitamin yang cukup agar tubuh tidak merasa layu saat berpuasa. Selain menjadikan buah sebagai camilan saat sahur atau setelah berbuka puasa, Anda juga dianjurkan mengonsumsi vitamin C, E dan D. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sepanjang hari berpuasa.

Mudah untuk menjaga pola makan? Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli berbagai makanan saat istirahat. Anda bahkan bisa menghemat. Seringkali selama bulan puasa, tenggorokan sangat ingin makan dan minum berbagai macam hal. Saat melihat berbagai makanan. (NE/mdc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *