by

5 Hal Sebelum Tidur Untuk Turunkan BB

Jakarta: Menurunkan berat badan atau diet ternyata bukan hanya dengan memperhatikan pola makan saja, tetapi bisa melakukan suatu kebiasaan sehari-hari.

Seperti halnya, melakukan sejumlah hal sebelum anda tertidur di malam hari. Dirangkum dari Brightside.me, ternyata salah satu kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan bisa dilakukan sebelum tidur.

Lalu apa saja kebiasaan sebelum tidur yang bisa membantu menurunkan berat badan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidur di Suhu Kamar yang Dingin

Tahukah anda, para ahli merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar tidur sekitar 18 derajat Celcius di uji malam hari untuk bantu meningkatkan metabolisme. Sebagaimana yang diketahui, kelancaran metabolisme menjadi salah satu hal yang mendukung untuk penurunan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih dingin mengaktifkan sel-sel lemak yang bertanggung jawab untuk termoregulasi. Oleh karena itulah, ketika tidur di ruangan yang dingin, tubuh akan mulai membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas.

Salah satu sumber energi tersebut bisa berasal dari lemak. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang anda bisa mengondisikan suhu kamar sesuai rekomendasi para ahli ini ya.

2. Meminum Jus Anggur

Kebiasaan selanjutnya adalah meminum jus anggur. Meminum jus anggur dapat membantu membakar kalori. Hal ini dikarenakan Anggur mengandung zat khusus yang disebut resveratrol.

Meminum secangkir jus anggur sebelum tidur ini bisa membantu untuk membuang kelebihan lemak yang ada pada tubuh. Meski demikian, perhatikanlah kesegaran buah anggur yang akan digunakan. Pilihlah jus segar untuk menghindari asupan gula yang berlebihan.

3. Tidur Teratur

Meskipun terkadang sering disepelekan, tidur merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada kehidupan. Salah satunya kaitannya bisa ditemukan pada penambahan berat badan.

Penelitian menunjukkan tidur yang tidak diatur terkait dengan penambahan berat badan yang berlebihan. Mengapa demikian? Karena Hal ini terkait dengan hormon melatonin.

Hormon ini berfungsi untuk memberitahu kapan seseorang harus tidur. Hormon ini juga membantu mengaktifkan sel-sel lemak yang akan membantu membakar kalori.

Apabila tidur tidak teratur, maka produksi hormon melatonin bisa terganggu dan pada akhirnya kualitas tidur juga demikian. Apabila ingin menghindari hal ini, maka aturlah jadwal tidur dan bangun sebaik mungkin. Pastikan bahwa kamu memiliki tidur yang cukup, Beauties.

4. Menjauhkan Gadget

Di era digital saat ini, tentu bukan rahasia lagi jika gadget selalu digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, tidak sedikit pula yang menggunakannya saat akan tidur atau beristirahat.

Namun apabila anda memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, maka mulai dari sekarang cobalah untuk lebih bijak menggunakan gadget.

Terutama di malam hari menjelang tidur. Cahaya dari gadget bisa menjadi salah satu penyebab tidur tidak nyenyak. Hal ini dikarenakan sinar biru gadget bisa menunda produksi melatonin.

Alhasil, akan Butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan pada akhirnya saat bangun tubuh terasa lelah. Adapun langkah yang disarankan adalah menghindari gadget 2 jam sebelum tidur.

5. Memakan Camilan Berprotein

Kebiasaan yang satu ini juga disarankan apabila ingin menurunkan berat badan. Tidak ada yang salah dengan ngemil sebelum tidur, asalkan melakukannya dengan benar. Makna dari kata benar disini adalah harus bijak memilih jenis camilan yang akan dimakan.

Adapun beberapa jenis camilan kaya protein yang disarankan yaitu keju cottage rendah lemak, yoghurt Yunani dan selai kacang. Makanan makanan ini bisa membantu meningkatkan metabolisme.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *