48 Perawat Gugur, Paling Banyak di Jatim

5
(100)

Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan duka mendalam terhadap 48 perawat yang telah gugur dalam menangani pasien Covid-19.

“Rasa duka cita mendalam juga saya sampaikan atas gugurnya 48 perawat dalam perjuangannya memberikan pelayanan kepada pasien untuk melawan Covid-19,” ujar Terawan seperti dikutip YouTube BNPB, Selasa (15/9/2020).

“Paling banyak di wilayah Jawa Timur, sekiah jasa-jasa pahlawan kesehatan ini diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan telah merekrut para relawan melalui mekanisme relawan tenaga kesehatan Nusantara Sehat dan individu maupun internship.

Merujuk pada situs Kementerian Kesehatan, internship adalah pemahiran dan pemandirian dokter baru lulus pendidikan untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan. Untuk kepentingan para dokter agar sudah siap dan mahir kelak ketika praktik mandiri.

Total terdapat 16.286 siap menjadi relawan tenaga kesehatan dan membantu menanggulangi Covid-19. Dari jumlah tersebut, 2.310 orang bertugas sebagai perawat.

Berikut ini pernyataan Menkes Terawan soal ribuan dokter siap tangani COVID-19:

Seperti yang diketahui, total relawan tenaga kesehatan Nusantara Sehat dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19.

Dan masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga Nusantara Sehat, dan di samping itu ada tenaga relawan 685, di sini termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam dan juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya, yang siap di-deploy-kan, siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan

Dan untuk yang terakhir kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Mohon partisipasi dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RW dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 100

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bandara Soetta Penyebab Tangerang Zona Merah

Wed Sep 16 , 2020
5 (100) Tangerang: Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyatakan saat ini wilayahnya zona merah Covid-19. Dikhawatirkan operasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang masih normal akan memperburuk penularan kasus Virus Corona di Tangerang. Menurut Arief, penumpang pesawat yang turun di Bandara Soetta bisa saja berasal dari wilayah dengan kasus Covid-19 yang […]