41 Armada Bus Listrik Baru di IKN

Jakarta – Untuk menggelar Upacara HUT RI ke-79 di IKN Agustus 2024 nanti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat mandat untuk mempersiapkan sarana transportasi. Rencananya upacara HUT RI di ibu kota baru itu akan diikuti 2.000 peserta.

Salah satu yang sedang disiapkan Kemenhub adalah penyediaan bus listrik di IKN. Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan sebanyak 41 armada tengah disiapkan.

“Busnya baru, kapan dibawa (ke IKN) sedang disiapkan. Trayek sedang difinalisasi,” kata Adita kepada kumparan, Selasa (18/6).

Kawasan IKN memang didesain nol emisi. Untuk mengangkut masyarakat yang masuk wilayah IKN, sudah tersedia layanan angkutan antarmoda Balikpapan-IKN via Simpang Samboja yang sudah beroperasi sejak 1 November 2022.

Setelah beroperasinya jalan tol IKN, layanan angkutan antarmoda Balikpapan-IKN akan berganti menjadi via tol, begitu pula dengan layanan angkutan antarmoda Samarinda-IKN.

Setelah beroperasinya jalan tol tersebut, titik akhir layanan untuk bus non listrik adalah Park and Ride 2 sebagai titik transit, kemudian para penumpang akan beralih moda dengan angkutan perkotaan IKN yang menggunakan kendaraan listrik.

Adapun untuk rute dan pembagian armada bus listrik, Kemenhub telah melakukan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek.

Ketiga trayek tersebut yakni rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium, rute Park & ride sampai Botanical Garden total kebutuhan armada 7 bus medium, dan rute Park & ride I sampai Park & ride II dengan total kebutuhan 21 armada.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan melakukan simulasi untuk kedatangan tamu-tamu VIP di IKN. Dia menyebut satu kedutaan besar akan diberikan satu mobil listrik atau bus listrik.

Budi menyebut dengan pembangunan yang masih berjalan, IKN cukup menampung 2.000 orang saat upacara 17 Agustus 2024. Beda dengan upacara di Istana Negara, Jakarta, selama ini dengan jumlah orang yang lebih banyak.

“Kalau di Jakarta memang unlimited karena memang wilayah yang besar, persiapannya juga besar. Ya kalau yang di sini bisa sampai 5.000 orang, kalau di IKN saya perkirakan paling 2.000 orang,” kata Budi Karya saat menjadi bintang tamu Info A1 kumparan, Sabtu (8/6).

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *