4000 Calon Jamaah Depok Gagal Umrah

0
(0)

Depok: Pemerintah Arab Saudi resmi menghentikan sementara penerimaan jamaah umrah pada Kamis 27 Februari 2020.

Langkah pemerintah Arab Saudi di ambil dalam rangka mencegah masuknya virus corona ke Arab Saudi.

Kebijakan ini berdampak bagi jamaah umroh di Kota Depok. Akibatnya, sekitar 3600 hingga 4000 calon jamaah umrah asal Kota Depok tahun 2020 teranjam gagal menjalan ibadah umrah di tanah suci.

“Ya kita ada sekitar 3600-4000 calon jamaah umrah tiap tahunnua dari Depok. Mereka terancam gagal menjalankan ibadah umrah karena kebijakan ini,” tutur Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok Hasan Basri kepada RRI, Minggu (01/03/2020).

Tiap bulan rata-rata pihaknya memberangkatkan 300 an calon jamaah umrah dari Kota Depok. Dengan biaya umrah mulai dari Rp20-30 juta per jamaah tergantung lama dan fasilitas yang akan di dapatkan nanti.

“Jika di rata-rata dari 3600-4000 calon jamaah per tahun, maka di dapat 300 an lebih calon jamaah umrah yang berangkat dari Depok tiap bulan. Itu dari data rekom kami dari Kemenag Pusat,” katanya.

Mereka terdaftar di 20 agent travel umrah yang beroperasi di Depok. Dua agen travel dengan kantor pusat dan 18 agen yang beroperasi melalui kantor-kantor cabang di Depok.

“Kita hanya pengantar aja. Semua jamaah umrah itu berangkat melalui agen-agen travel,” ucapnya.

Hasan Basri mengakui turut prihatin dengan kebijakan ini, dan pihaknya lanjut Hasan Basri hanya bisa mengikuti kebijakan dari Kemenag Pusat.

“Kasian juga jamaah, terutama mereka yang sudah siap. Ada yang sudah siap landing, ada yang sudah dijadwal berangkat besok tanggal 03 dan 20 Maret 2020. Kami yang di Kabupaten/Kota hanya mengikuti kebijakan dari kantor pusat,” ungkapnya.

Dia menghimbau kepada calon jamaah umrah Depok, yang belum bisa berangkat, untuk bersabar hingga dicabutnya larangan umrah dari Arab Saudi tersebut.

“Belum ada informasi kapan dibukanya kembali untuk bisa berkunjung ke Saudi Arabia. Kami mohon kesabarannya,” tandasnya. (RL)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *