by

38 Negara Melaporkan Kasus Varian Omicron

Jenewa—Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi varian baru Covid-19, Omicron, sekarang diidentifikasi di 38 negara di seluruh dunia. Kepala Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove membenarkan bahwa varian yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan ini memiliki ciri-ciri yang mampu menyebar dengan cepat.

“Kami melihat peningkatan kasus, kami juga melihat peningkatan kasus Omicron yang teridentifikasi,” kata Maria dikutip AFP. “Dan saat ini, data yang kami dapatkan mungkin hanya dalam beberapa jam, tetapi 38 negara ditemukan telah mengidentifikasi kasus baru di enam wilayah WHO dan kami melihat tren yang meningkat di Afrika Selatan.”

“Jadi, ada data yang mengatakan itu menyebar lebih cepat. Yang perlu kita pahami adalah, apakah itu menyebar lebih cepat atau tidak daripada Delta,” kata Maria. “Penting untuk diingat, untuk saat ini varian Delta masih dominan di seluruh dunia. Jadi, kita perlu mengidentifikasi perbedaan antara Delta dan Omicron ketika keduanya menular dalam suatu populasi secara bersamaan.”

Menurutnya, butuh beberapa hari lagi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan studi sedang dilakukan,” katanya di Jenewa, hari Jumat. Menurut Maria, ada laporan yang menyatakan bahwa mereka yang terinfeksi varian tersebut memiliki tingkat komplikasi yang berbeda, dari yang ringan hingga yang lebih parah.

Baca Juga:
Terlalu Semangat Rayakan Gol, Pelatih Klub Sepak Bola Mesir Meninggal Mendadak
Pendaki Ini Temukan Mayat Idolanya di Gunung Everest
Jelas, kasus indeks dimulai dari sekelompok mahasiswa yang menunjukkan gejala ringan. Namun, kata dia, mereka dari kalangan muda yang biasanya menunjukkan gejala ringan jika terinfeksi Covid-19.

Pada saat yang sama, Kepala Divisi Darurat WHO Dr Michael Ryan menjelaskan masalah tersebut perlu ditanggapi dengan serius karena varian baru tersebut terlihat dapat menular ke individu yang sehat. “Fakta bahwa kebanyakan kasus ringan, mungkin mencerminkan fakta bahwa itu menyebar di antara orang muda yang sehat,” tambahnya. (NE)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *