by

Anies Sebut Jakarta Menjadi Kota Global

Jakarta: Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menyebut posisi Jakarta kini tengah menuju kota global. Hal itu sudah dimulai melalui penerapan standar-standar dunia dalam aspek pembangunan.

“Jakarta bukan sekedar pusat perekonomian Indonesia. Bukan sekadar sentralnya kegiatan-kegiatan kebudayaan atau pemerintahan Indonesia. Tapi Jakarta telah diakui sebagai kota yang bisa dicontoh oleh kota-kota lainnya di dunia. Itulah contoh sebuah kota global yang hari ini menjadi perhatian internasional,” ucap Anies usai pimpin Upacara Peringatan HUT 459 Jakarta di Plaza Selatan, Jakarta, Selasa (22/6/2022).

Adapun standar-standar global telah yang diterapkan Jakarta, seperti transportasi umum massal yang menjangkau berbagai wilayah. Total jangkauan transportasi umum sudah mencapai 82 persen dan ditargetkan meningkat hingga 90 persen di akhir tahun 2022.

Kemudian, pembangunan sarana fisik seperti Fly Over Tapal Kuda di Lenteng Agung dan Pasar Minggu. Lalu Halte Integrasi Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) di Blok M, Jakarta International Stadium (JIS) hingga penerapan sistem Jaklingko.

Selanjutnya pembangunan non fisik, seperti sistem aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang menyediakan informasi layanan bagi warga di Jakarta. Aplikasi ini telah diakui level international dan memperoleh penghargaan Champion Project di ajang WSIS Prizes 2021 dalam kategori E-Government.

Anies menyebutkan untuk terus meningkatkan posisi Jakarta di dunia memerlukan kolaborasi semua pihak mulai dari Rukun Tetangga (RT) hingga ke Provinsi.

“Tema yang diambil tahun ini adalah kolaborasi, akselerasi dan elevasi. Kita melakukan kolaborasi karena pemerintah DKI Jakarta tidak ingin memonopoli kegiatan pembangunan,” kata Anies.