Mengenal Kanker Usus Besar, Penyebab Meninggalnya Chadwick Boseman

5
(40)

Jakarta – readyAktor Hollywood film superhero Black Panther, Chadwick Boseman, meninggal dunia pada Jumat (28/8) malam di Los Angeles, Amerika Serikat. Ia meninggal setelah mengidap kanker usus besar sejak 2016.

Dari studi yang dilakukan American Gastroenterological Association (AGA), kanker usus besar merupakan kanker paling membunuh kedua di AS.

Pada stadium awal, pengidap kanker usus besar biasanya tak merasakan gejala apa pun. Umumnya, penderita kerap mengalami pendarahan saat buang air besar.

Selain itu, mereka juga mengalami diare/sembelit dan perut kembung yang berkepanjangan. Gejala lainnya adalah kerap kram atau sakit di daerah perut.

Apabila sudah memasuki stadium lanjut, penderita kanker usus besar akan kerap merasa kelelahan, sulit BAB, penurunan bentuk tinja lebih dari sebulan, dan berat badan yang turun drastis.

Untuk itu, penderita disarankan segera berkonsultasi ke dokter jika merasakan gejala-gejala tersebut agar dapat ditangani sebelum terlambat.

Hingga kini belum diketahui jelas penyebab kanker usus besar. Namun, kurangnya asupan serat seperti sayur-sayur hijau, jarang olahraga, dan merokok diduga memicu kanker usus besar. Faktor genetik juga disebut menjadi penyebab.

Kanker usus besar sendiri tergolong sebagai tumor ganas yang berawal dari tumor jinak dan dikenal dengan istilah polip.

Siapa saja berisiko terhadap kanker usus besar. Namun, orang-orang berusia di atas 45 tahun disarankan untuk memindai (scan) perut atau memeriksakan diri secara berkala. Memeriksa tinja secara rutin juga menjadi salah satu cara lain untuk mendeteksi kanker usus besar.

Untuk mencegahnya, lakukan olahraga rutin, mengonsumsi makanan dan minuman berserat, menjaga berat badan ideal, tidak merokok, dan menghindari minuman beralkohol.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 40

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *