Aman Bersepeda Dengan Detak Jantung Normal

5
(56)

HarianNasional.com, Bogor – Olahraga adalah aktivitas sehat yang mampu menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, olahraga harus dilakukan dengan cara dan durasi yang tepat.

Namun, Pada olahraga Bersepeda tidak asal sekedar gaya atau mengikuti tren olahraga. Tapi harus memperhatikan kondisi fisik. Nah, bagi pesepeda awam, hal ini masih banyak diabaikan untuk mengetahui batas maksaksiman denyut Jantung.

Dikesempatan kumpul bareng bersama komunitas Sepeda disekitar kawasan gunung Sindur Kabupaten Bogor, Dokter berpraktek Rumah Sakit Permata Pamulang, dr.Novi mengatakan secara teori memang ada beberapa hal yang wajib diketahui detak jantung bagi pesepeda dan terutama bagi pemula agar tidak berakibat fatal.

“Detak jantung ideal manusia adalah 60–90 bpm (beats per minute atau denyut per menit). Ketika berolahraga, denyut per menit itu meningkat. Bahkan, agar olahraga benar-benar memiliki dampak pada tubuh, denyut jantung mesti setidaknya 120 bpm”,ujarnya di Bogor, (6/9/2020).

Dan menurutnya lagi, Pesepeda Harus mengetahui detak jantung normal terutama saat berolahraga, menghindari nyeri saat melakukan gerakan, risiko mengalami melewati batas normal.

“Para pesepeda harus mengetahui batas atas digunakan untuk target detak jantung untuk setiap aktivitas atau olahraga dengan intensitas tinggi. Sedangkan batas bawah adalah target detak jantung untuk setiap olahraga atau aktivitas dengan intensitas sedang”ungkap dr. Novi yang juga sebagai pemilik Resto Kangen Toast Serpong.

Untuk mengetahui batas maksimal detak jantung saat olahraga Lanjut dr.Novi, dengan cara sebagai berikut yaitu 220 – (usia Anda) untuk mengetahui perkiraan batas maksimal detak jantung saat olahraga.

“Untuk mengukur Detak jantung, letakkan ujung jari telunjuk dan jari tengah di sekitar pergelangan tangan kiri atau titik nadi di leher sisi kiri, lalu tekan lembut. Atur waktu selama 60 detik, lalu hitung tiap denyutnya. Bisa juga Anda menghitung selama 10 detik, lalu hasilnya dikalikan 6”, jelasnya.

Dan menurutnya lagi , olahraga yang baik untuk kesehatan perlu diingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Dan jika baru saja mulai melakukan olahraga, cobalah untuk memulai dari gerakan yang ringan agar tubuh tidak kaget.

“Olehkarena itu Pemanasan dan pendinginan tidak boleh dikesampingkan ketika berolahraga. Ini adalah saat tubuh bertransisi mempercepat atau memperlambat denyut jantung dengan menyiapkan tubuh secara bertahap sangat penting, baik bagi jantung maupun otot”,Tegasnya.

Dengan demikian ungkap dr.Novi , Manfaat bersepeda untuk sistem jantung dapat Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, hipertensi dan serangan jantung, Memperkuat otot jantung, menurunkan resting heart rate dan menurunkan kadar lemak dalam darah, Menurunkan berat badan, Memperbaiki fungsi paru, Serta mengurangi resiko diabetes dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin terhadap tubuh.

Selain Berprofesi sebagai dokter , dr.Novi pun seorang pengusaha Resto Kangen Toast Serpong tempat berkumpulnya para komunitas gowes di sekitar kawasan gunung sindur yang tentunya asik untuk kumpul kumpul.

Bersama Yogi sang suami, Mendirikan Resto Kangen Toast yang di lounching bulan Agustus lalu selain ingin berbisnis kuliner dan menjadikan tempat kongkow, Ia juga ingin memberikan makanan dan minuman sehat kekinian dengan harga terjangkau.

Pemilik Resto Kangen Toast, Dr. Novi & Yogi

“Di resto Kangen Toast , Kini tersedia makanan dan minuman Thai Tea sebagai suguhan makanan dan minuman sehat kekinian dengan harga yang sangat terjangkau dan Kini di Resto Toast tersedia beragam Menu yang tersedia”, Kata Yogi.

Bahkan menurutnya, brand Si.Nasi tentunya menjadi menu andalan di Resto Kangen Toast Selain Roti dan Minuman Kekinian “Thai Tea” yang tersedia. Dan para pecinta kuliner bisa mengakses untuk melihat menu yang tersedia bisa mengakses Instagram @kangentoast dan @si.nasi.(hn/sp)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 56

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *