Bioskop di Jakarta akan Dibuka, Anies: Semua Harus Disiplin

0
(0)

Jakarta – Dalam waktu dekat, bioskop di ibu kota akan kembali beroperasi. Jika ditemukan adanya pelanggaran di sana, bioskop akan ditutup.

“Bila ada kegiatan bioskop yang nanti tidak mengikuti protokol kesehatan, maka langkah yang dilakukan DKI cukup sederhana yaitu menutup kegiatan usahanya. Jadi semua harus disiplin, semua harus ikuti protokol bila tidak diikuti, maka langsung kita akan lakukan penutupan, karena Jakarta dari awal kita prioritaskan nomor satu adalah kesehatan dan keselamatan,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat konferensi pers yang ditayangkan langsung di kanal Youtube BNPB, Rabu (26/8).

Ia memaparkan, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan para pelaku industri di bidang sinema terkait hal tersebut. Mereka, lanjut Anies, telah menyiapkan sejumlah aturan (protokol kesehatan) jika bioskop beroperasi kembali.

“Jadi satu regulasi, kedua adalah pengaturan dengan apa para pelaku industri. Pembicaraan sudah berlangsung, dan para pelaku juga sudah dalam posisi bersiap-siap, karena selama beberapa waktu ini, terutama sejak bulan Juni sesudah DKI memasuki masa transisi, para pelaku di sektor ini sudah berkomunikasi dekat untuk membahas tentang persiapannya,” paparnya.

Dengan demikian, Anies mengatakan bahwa bioskop di Jakarta akan kembali beroperasi dengan pengawasan yang ketat. Namun, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu tidak menyebutkan kapan industri sinema di ibu kota kembali hidup di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi kesimpulan pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat ini, kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi yang detail, adanya pengawasan ketat, sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa memberikan risiko yang besar. Dan bagi masyarakat juga ketika berkegiatan mereka akan bisa merasa aman,” kata Anies.

Terkait rencana tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 telah melakukan kajian terhadap beroperasinya bioskop di Indonesia saat pandemi. Berikut protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat selama berada di bioskop:

Memakai masker yang disarankan memiliki kemampuan filtrasi setara atau lebih baik dari masker bedah selama berada di area bioskop.
Penonton harus berusia di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun.
Tidak memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, hipertensi, ginjal, atau kondisi imunitas lainnya.
Harus dalam kondisi sehat. Tidak ada gejala batuk, sesak, demam, bersin, sakit tenggorokan, atau sesak napas.
Tidak boleh makan dan minum di dalam area bioskop.
Durasi menonton dalam bioskop tidak boleh lebih dari dua jam.
Menjaga jarak antarpenonton.
(RAM)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *