Polda Metro Jaya Tegaskan Hadi Pranoto Wajib Penuhi Panggilan Penyidik

0
(0)

Jakarta – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Polisi Yusri Yunus menegaskan Hadi Pranoto wajib hadir untuk diperiksa sebagai saksi terlapor dalam perkara dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks melalui kanal YouTube Dunia Manji.

“Ya, wajib,” kata Yusri kepada wartawan di Mako Polda Metro Jaya, Kamis (13/8).

Yusri menegaskan, pihaknya akan melayangkan tiga surat pemanggilan kepada Hadi, apabila yang bersangkutan tiga kali mangkir dari panggilan penyidik, maka akan dijemput paksa. “Kalau sekali tidak datang tidak apa-apa, dua kali tidak apa-apa, ketiga kali tidak datang baru kita jemput,” ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR: Sektor Informal Dominasi Struktur Perekonomiam Nasional
Yusri mengatakan, Hadi awalnya dijadwalkan akan diperiksa hari ini oleh penyidik Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Namun, pengacara Hadi datang dengan membawa surat dari rumah sakit yang menyampaikan bahwa yang bersangkutan tidak bisa hadir karena dirawat di rumah sakit.

“Pengacaranya pagi tadi mengantar surat ijin rawat yang bersangkutan,” ujarmya.

Sebelum memanggil Hadi untuk diperiksa, Polda Metro Jaya sebelumnya telah memeriksa musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dalam perkara yang sama. Anji bersama Hadi Pranoto dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Cyber Indonesia terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks obat Covid-19 melalui kanal Dunia Manji di YouTube.

Baca Juga: Soal Gelombang Kedua Covid-19 di Indonesia, Luhut: Tidak Ada
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid menjelaskan konten yang ditayangkan di kanal YouTube pada Sabtu, 1 Agustus 2020 tersebut berpotensi memicu polemik di tengah masyarakat. Konten yang diunggah Anji tersebut memuat penyataan Hadi Pranoto yang mengklaim sebagai pembuat herbal antibodi Covid-19.

Selain itu, ada pernyataan lainnya Hadi yang dinilai menuai polemik, yakni soal tes cepat dan dan tes usap Covid-19. Hadi mengaku memiliki metode uji yang jauh lebih efektif dengan harga Rp10.000 hingga Rp20.000 menggunakan teknologi digital. (ASF/ANT)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *