Uang Ganti Rugi Mengendap di PN Bekasi, Warga Kembali Blokade Tol Jatikarya

0
(0)

HarianNasional.comWarga Kampung Kalimanggis, Jatikarya, Jatiasih, Kota Bekasi mendirikan tenda dan tinggal di tengah jalan tol Cimanggis-Cibitung. Aksi itu sebagai bentuk protes karena tak kunjung dibayarnya uang ganti rugi terhadap 4,2 hektar tanah milik masyarakat.

Kuasa hukum warga, Dani Bahdani mengatakan, sejatinya warga Kalimanggis tersebut berhak atas kompensasi dalam pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 tersebut. Hal ini berdasarkan penetapan No 04/PDT/P.CONS/2016/PN.BKS, tanggal 6 Juni 2017.

Namun ironis. Kata Bahdani, lebih dari 3 tahun lamannya, tidak ada sedikit pun kejelasan dan pencairan kompensasi. “Pihak-pihak yang selama ini terlibat dalam penuntasan pembebasan lahan tol Cimanggis-Cibitung sangat lambat dalam menjalankan tugasnya,” ucap Bahdani, di lokasi Gerbang Tol Jatikarya, Kamis (13/8/2020).

Ia pun menduga, Pengadilan Negeri Kota Bekasi mengambil untung dalam pencairan ganti rugi tanah warga. Pasalnya, jumlah ganti rugi yang belum dibayar diketahui sebesar Rp 218 miliar.

“Kalau di deposito, sudah 3 tahun, tiap bulannya udah dapat bunga berapa milyar itu,” jelasnya.

Sementara itu, pihak pejabat pembuat komitmen (PPK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang tampak hadir membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan memberikan Uang Ganti Rugi (UGK) pembebasan tanah warga yang terkena pembangunan proyek tersebut.

Namun, pihaknya tidak mengetahui mengapa proses pencairan tersebut mandek di PN Kota Bekasi.

“Dalam waktu dekat ini, PUPR, Pihak BPN dan PN Kota Bekasi akan rapat. Kita akan kirimkan surat pengantar,” kata Sarial Silitonga, staf Kementerian PUPR.

Warga pun bertekad akan terus menginap di tengah jalan tol. Bahkan, akan mendirikan dapur umum, hingga kasus ini diselesaikan.

”Kami meminta tolong bapak Presiden Jokowi, memanggil semua pihak, agar kasus ini segera selesai,” ucap salah seorang warga, Marta Cahong. (rdk/dvd)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *