Ekonomi Indonesia Diklaim Mulai Tumbuh, Mari Lihat Datanya

0
(0)

Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan ekonomi Indonesia mulai kembali bangkit perlahan-lahan. Pemulihan ditunjukkan pada indikator Puchasing Managers Index (PMI) manufaktur pada Juli 2020.

Mengutip data Purchasing Managers Index (PMI), manufaktur Indonesia tercatat mengalami peningkatan menjadi 46,9 pada Juli dibanding dengan 39,1 pada bulan sebelumnya. indikator lainnya yakni naiknya penjualan semen, ritel, mobil, dan Indeks Keyakinan Konsumen.

“Ini menunjukkan ada kenaikan dan geliat ekonomi di new normal. Kita lihat PMI manufaktur berangsur-angsur bergerak di angka 46,9,” ujar Airlangga dalam Rakernas Apindo yang digelar secara virtual, Rabu (12/8).

Ia memaparkan, industri otomotif kendaraan roda empat yang semula -82,3 persen pada Mei merangkak menjadi -54,6 persen pada Juni. Dari sektor ritel, angkanya meningkat jadi -14,4 persen pada Juni dibanding -20,6 persen pada Mei.

“Bagi sektor yang terdampak cukup dalam pemerintah akan mendorong kebijakan dan stimulan tersendiri untuk sektor ini. Akan ada skema yang dibahas khusus untuk perhotelan dan restoran, karena spending terbanyaknya dari (konsumen) dalam negeri,” imbuhnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua 2020 mengalami kontraksi -5,32 persen (yoy). Sedangkan, jika dibandingkan per kuartal, ekonomi Indonesia pada kuartal kedua tahun ini -4,19 persen dibanding kuartal sebelumnya sebesar -2,41 persen.

Dari segi pengeluaran, pertumbuhan konsumsi rumah tangga mengalami kontraksi sebesar -5,51 persen (yoy), dan konsumsi pemerintah sebesar -6,9 persen (yoy). Dari sisi sektoral, transportasi dan pergudangan menjadi sektor dengan kontraksi terdalam sebesar -30,84 peren, disusul akomodasi dan makanan-minuman (mamin) sebesar -22,02 persen. (SD)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *