Bertambah 1.560 Kasus, Total Orang Terpapar 109.936

Jakarta – Kasus penularan Covid-19 di Indonesia kembali tembus melewati angka dua ribu sejak kasus pertama pada awal Maret di tanah air. Angka positif setiap harinya masih tinggi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan kasus Covid-19. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 12.00 WIB hari ini mengumumkan, ada pertambahan 1.560 kasus.

“Jumlah kumulatif kasus orang terinfeksi Covid-19, yaitu 109.936 orang,” kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (1/8).

Sementara, total pasien sembuh di tanah air hingga kini 67.919 orang. “Kasus sembuh bertambah 2.012 pasien, mereka yang dinyatakan sembuh adalah mereka yang sudah dua kali menjalani swab test dan hasilnya negatif,” ujarnya.

“Sebagian kontak erat masih dilakukan, tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker masih banyak kita jumpai, inilah faktor utama penyebaran Covid-19,” imbuhnya. Sementara, jumlah pasien meninggal, terjadi penambahan 62 kasus. “Secara keseluruhan, pasien meninggal akibat Covid-19 ada 5.193 orang,” katanya.

Ia mengingatkan, masyarakat untuk menetapkan kebiasaan baru. Masyarakat tidak boleh tetap menjalankan kebiasaan lama dengan tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak. “Kita yakin apabila ini dilakukan secara bersama-sama, serempak dan terus menerus, maka akan menjadi perubahan besar,” katanya.

Yuri mengingatkan, apabila masyarakat tidak berdaptasi dengan pola hidup baru dan sistem seperti yang telah diatur oleh pemerintah, maka hal itu akan menjadi buruk, terlebih virus SARS-CoV-2 ini belum benar-benar bisa dihilangkan dari muka bumi. Ia menambahkan, hanya satu yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan, beradaptasi dengan pola hidup yang baru. (NE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *