Studi: Anjing Dapat Indentifikasi Pasien Covid-19

Berlin–Anjing yang telah menjalani pelatihan selama beberapa hari dapat mengidentifikasi individu yang terinfeksi virus corona baru (Covid-19). Temuan terbaru ini adalah sebuah studi yang dilakukan sebuah universitas hewan di Jerman, kutip laman straitstimes.com.

Menurut sebuah proyek percontohan yang dipimpin oleh Universitas Kedokteran Hewan Hannover, delapan anjing dari tim militer Jerman selama seminggu mampu mendeteksi virus pada tingkat keberhasilan 94 persen. Di bawah program ini, semua anjing dilatih untuk mengendus Covid-19 pada air liur lebih dari 1.000 individu yang sehat dan terinfeksi.

“Kami pikir latihan ini berhasil karena proses metabolisme dalam tubuh pasien berubah. Anjing dapat mendeteksi bau tertentu,” kata Dr Maren von Koeckritz-Blickwede di YouTube tentang proyek tersebut.

Menurut Maren, anjing memiliki penciuman 1.000 kali lebih sensitif daripada manusia yang dapat digunakan untuk mengendus infeksi di bandara, penyeberangan perbatasan dan peristiwa sulit jika mendapat pelatihan yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan militer Jerman, Hannover Medical School dan University Medical Center Hamburg-Eppendorf.

Maren Von Koeckritz-Blickwede menambahkan, langkah selanjutnya adalah melatih anjing untuk membedakan sampel Covid-19 dari penyakit lain seperti influenza.

elapan anjing dari angkatan bersenjata Jerman dilatih hanya selama seminggu dan mampu mengidentifikasi virus secara akurat dengan tingkat keberhasilan 94 persen, menurut sebuah proyek percontohan yang dipimpin oleh University of Veterinary Medicine Hannover. Peneliti menantang anjing untuk mengendus Covid-19 dalam air liur lebih dari 1.000 orang sehat dan terinfeksi. (NE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *