Kalahkan Bologna 1:0, Atalanta Ciptakan Rekor Baru di Serie A

Jakarta–Atalanta menciptakan rekor gol terbanyak Serie A dalam satu musim dalam kurun 60 tahun terakhir dengan 95 gol ketika mereka membabat Bologna 1-0 dalam lanjutan serie A yang digelar Rabu (22/7) dini hari.

Pemain pengganti Luis Muriel mencetak gol semata wayang pada menit ke-62 untuk memperpanjang catatan tak terkalahkan Atalanta di Serie A menjadi 15 pertandingan dan sekaligus mengantarkan tim ini naik ke peringkat kedua dalam klasemen dengan 74 poin dengan menyisakan tiga pertandingan lagi.

Namun demikian mereka terpaut enam poin di bawah pemuncak klasemen Juventus yang menyimpan satu pertandingan lebih banyak dan di ambang menjuarai liga. Inter Milan yang menjamu Fiorentina Kamis dini hari esok menduduki peringkat ketiga dengan 72 poin.

Tim sebelumnya yang mencetak 95 gol adalah Fiorentina pada musim 1958/1959. Atalanta tampaknya terlalu jauh untuk memecahkan rekor jumlah gol terbanyak sepanjang masa 125 gol yang dipegang Torino pada musim 1947/1948.

Suasana memanas pada babak pertama ketika pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini mengeluhkan seorang pemain Bologna kepada wasit dan kemudian dicemooh oleh kata-kata kasar oleh pelatih Bologna Sinisa Mihajlovic.

Mengingat tidak ada stadion, kalimat Mihajlovic jelas tertangkap mikrofon dan tersiar ke pemirsa seluruh dunia. Kedua pelatih mendapatkan kartu kuning dan Gasperini kemungkinan diusir karena terus memprotes ofisial.

Bologna yang dibantai AC Milan 1-5 dalam pertandingan sebelumnya mendapatkan peluang emas pada awal pertandingan ketika tendangan bebas melengkung Musa Barrow membentur tiang gawang.

Pemain asal Gambia itu kembali hampir mencetak gol pada satu jam pertandingan, namun Atalanta yang kemudian mencetak gol.

Umpan silang Timothy Castagne ke area penalti yang menemui Duvan Zapata untuk kemudian diteruskan kepada Muriel yang sesama Kolombia guna memperpanjang rangkaian kekalahan Bologna yang berperingkat sepuluh menjadi lima pertandingan. (SD/ ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *