Warga Melbourne Diwajibkan Memakai Masker atau Denda Rp 2 Juta

0
(0)

Melbourne–Kota terbesar kedua di Australia hari ini mengumumkan akan mewajibkan penduduknya untuk mengenakan masker di tenpat umum. Tindakan ini diambil dalam upaya untuk mengekang penyebaran pandemi Covid-19.

Pihak berwenang mengatakan Melbourne, yang berlokasi di Victoria, saat ini mencatat hampir 3.000 kasus Covid-19 aktif setelah 363 infeksi lainnya dilaporkan hari ini meskipun telah diberlakukan karantina wilayah selama 10 hari terakhir. Perdana Menteri Daniel Andrews mengatakan lebih dari lima juta penduduk Melbourne dan kota terdekat, Mitchell Shire, akan diwajibkan mengenakan masker atau pelindung wajah lainnya ketika berada di depan umum mulai hari Rabu tengah malam hingga Kamis.

“Sebagian besar dari kita tidak akan pernah meninggalkan rumah tanpa mengambil kunci atau tanpa ponsel, “ katanya. “Sekarang Anda juga tidak dapat meninggalkan rumah tanpa masker wajah, yang merupakan persyaratan wajib untuk membatasi penyebaran Covid-19,” tambahnya pada konferensi pers dikutip AFP.

Kegagalan untuk mematuhi aturan baru dapat mengakibatkan denda hingga 140 Dolar AS atau sebesar Rp 2 juta. Meski demikian, Andrews mengatakan pihak berwenang akan menggunakan kebijaksanaan dalam kasus-kasus tertentu, seperti pengecualian saat berolahraga atau mengunjungi bank.

Dia menambahkan bahwa bandana dan syal juga diterima sebagai masker wajah sampai negaranya dapat meningkatkan pasokan masker wajah. Keputusan itu berarti Melbourne akan menjadi kota pertama di Australia yang mewajibkan penggunaan masker wajah. Ini berarti 5 juta penduduknya wajib menggunakan penutup wajah.

Penggunaan masker wajah belum menjadi praktik umum di Australia selama ini dan tidak pernah menjadi bagian dari upaya pencegahan Covid-19 negara tersebut. Negara bagian dan teritori lain di Australia telah menutup perbatasan mereka untuk mencegah masuknya Korban, dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus.

Sebagian besar provinsi dan negara bagian lain belum melaporkan infeksi lokal Covid-19 baru selama beberapa minggu. Namun, penyebarannya telah menyebar ke Sydney di mana infeksi lokal meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah sekelompok penduduk Melbourne yang terinfeksi mengunjungi sebuah pub terkenal.

Australia, dengan populasi 25 juta, sejauh ini melaporkan 11.441 kasus infeksi termasuk 118 kematian akibat Covid-19. Negara bagian dan terotori Australia telah membatasi untuk warga dari Victoria untuk menekan penyebaran Covid-19. (NE)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *