Kasus Covid-19 Ibu Kota Melonjak, PKS Dorong Anies Perketat PSBB

0
(0)

Jakarta – Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menyoroti lonjakan kasus Covid-19 di ibu kota. Mereka mendorong Gubernur Anies Baswedan kembali memperketat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani memandang, PSBB Transisi justru menambah jumlah kasus positif Covid-19. Lonjakan jumlah pasien covid-19 di DKI Jakarta adalah hal yang sangat mengkhawatirkan.

“Ini harus dievaluasi lagi oleh Pak Anies. Kalau mereka memang tidak bisa disiplin sebaiknya kembali saja lagi ke PSBB,” ujar anggota Komisi B DPRD DKI ini, Kamis (16/7).

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat kasus Covid-19 di DKI Jakarta meninggi adalah banyaknya pelanggaran protokol kesehatan pada masa PSBB transisi. Terutama di transportasi publik dan juga pusat keramaian seperti pasar dan perkantoran.

Kekhawatiran PKS bukan tidak berdasar, kapasitas rumah sakit yang ada di Jakarta jumlahnya terbatas dan juga jika lonjakan jumlah menjadi tidak terkendali, maka ekonomi juga akan terdampak langsung. “Semua ini akan berakibat pada ketahanan ekonomi dan sosial Jakarta sebagai ibukota. Karena itu jika memang harus PSBB lagi, insyaAllah PKS akan mendukung Pak Anies demi terciptanya Jakarta yang lebih baik dan terkendalinya wabah Covid-19,” ucapnya.

Namun, Yani juga mengingatkan pentingnya ketegasan pemerintah dalam melakukan pengawasan. Jika ada yang melanggar, maka harus diberi hukuman yang memberikan efek jera.

Misalnya, lanjut Yani, anggap saja orang-orang yang enggan memakai masker saat keluar rumah, baik itu ke mal, tempat ibadah, dan tempat-tempat keramaian lainnya sebagai tindakan yang membahayakan orang lain. Sehingga hukumannya pun tegas. Juga jika ada tempat usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan bisa dicabut izin usahanya secara permanen.

“Kami rasa dengan begitu semua pihak akan berpikir jika ingin melanggar protokol kesehatan,” kata Yani. (ASF)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *