Akun Medsos Pakar Timur Tengah Palsu Sukses Mengelabuhi Media-Media Internasional

0
(0)

Jakarta – Twitter menghapus akun yang mengatasnamakan “pakar Timur Tengah palsu yang didukung oleh Uni Emirat Arab (UEA)”. Akun itu selama ini telah melakukan propaganda negatif terhadap Turki dan Qatar. Dengan akun palsu yang dibuat, opini dan pernyataan mereka telah berhasil mengelabui media-media internasional untuk memuatnya.

Setidaknya 19 pakar palsu dengan identitas palsu telah dimuat di lebih dari 90 lembar opini dari 46 publikasi berbeda sejak Juli 2019, dengan isi pesan memuji UEA, dan melakukan propaganda negatif terhadap Qatar, Turki, dan Iran, menurut laporan investigasi The Daily Beast yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Selasa(7/7).

Salah satu pakar palsu di jaringan ini adalah Raphael Badani, kata laporan itu, yang disebut sebagai kolumnis “Insider” Newsmax. Raphael telah mempromosikan Dubai sebagai oasis stabilitas di wilayah yang bergejolak di berbagai publikasi, termasuk Washington Examiner, Real Clear Markets, American Thinker, dan the National Interest.

Badani menggambarkan dirinya sebagai “konsultan risiko geopolitik dan perancang simulasi interaktif” dan “analis senior hubungan internasional” untuk Departemen Tenaga Kerja tetapi dalam kenyataan orangnya tidak ada.

“Foto-foto profilnya diambil dari blog pendiri startup San Diego. Profil LinkedIn-nya, yang menggambarkannya sebagai lulusan George Washington dan Georgetown, sama-sama fiktif,” kata laporan yang ditulis oleh wartawan Adam Rawnsley.

Pada Senin kemarin, Twitter menangguhkan akun Badani bersama 15 akun palsu lainnya.

Laporan tersebut menyebutkan Jerusalem Post, Arab News, Al-Arabiya, South China Morning Post, Jewish News Service, Middle East Online, Asia Times, The Post Millennial, dan banyak media lainnya juga telah menggunakan pernyataan para pakar palsu ini dalam liputan berita mereka.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *