Anies Sebut Dua Area Ini Jadi Sumber Utama Penularan Covid-19

0
(0)

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan memperketat pengawasan pada dua area publik, yakni pasar dan kereta rel listrik atau commuter line. Berdasar evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ibu Kota selama PSBB masa transisi, dua fasilitas ini sering menjadi tempat utama penularan.

“Tadi dalam catatan ada 19 pasar yang sempat ditutup dalam periode satu bulan ini, ke depan unsur TNI, polisi, ASN akan diterjunkan untuk mengawasi secara ketat pasar-pasar di DKI Jakarta,” kata Anies dalam konferensi pers, Rabu (1/7).

Anies menjelaskan, Pemprov DKI melalui PD Pasar Jaya mengelola 153 pasar. Kemudian, ada 150 pasar yang sifatnya berbasis komunitas yang bukan dikelola oleh institusi Pasar Jaya, tapi beroperasi di kawasan masyarakat.
“Jadi total ada kira-kira 300-an pasar dan semua ini akan dilakukan pengawasan ketat,” tuturnya.

Jumlah pengunjung pasar selama dua pekan ke depan tetap dibatasi maksimal 50 persen. Pintu masuk pasar akan dijaga ketat oleg petugas yang akan mengendalikan jumlah orang dalam suatu waktu.

“Jadi dengan seperti ini jam operasinya dikembalikan panjang (normal) supaya untuk menyebar kedatangan orang, tapi dikendalikan di pintu masuk,” imbuh Anies.

Kedua, transportasi umum KRL juga diperketat dengan menempatkan personel TNI dan Kepolisian. Pemprov DKI Jakarta akan bekerja bersama dengan PT Kereta Commuter Indonesia untuk memantau pengaturan penumpang di dalam rangkaian.

Pada fasilitas publik lainnya, Pemprov DKI menyatakan masih relatif terkendali baik dari sisi pengelolanya maupun pengunjungnya. Perkantoran, pertokoan kemudian juga kendaraan umum seperti moda raya terpadu (MRT) dianggap masih baik.

“Tetapi pasar dan KRL ini yang masih menjadi pekerjaan rumah untuk dituntaskan. Jadi pada kesimpulan dalam pertemuan tadi secara umum kita perpanjang (PSBB transisi) 14 hari, lalu akan ada pengendalian di dua wilayah itu,” katanya. (ASF)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *