Disdik DKI: Tak Lolos PPDB Zonasi Bisa Daftar Jalur Prestasi

0
(0)

Jakarta – Seluruh proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) DKI Jakarta telah rampung dengan usainya seleksi jalur zonasi. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, peserta didik yang diterima di jalur zonasi terdapat rentang usia yang ideal untuk memasuki jenjang SMP dan SMA.

Orangtua siswa yang dinyatakan lolos seleksi jalur zonasi diharapkan segera menyelesaikan lapor diri. Tahapan lapor diri akan ditutup pada Selasa (30/6) pukul 14.00 WIB.

“Bagi peserta didik yang belum lolos seleksi dapat mendaftar kembali pada jalur prestasi akademis yang akan dibuka tanggal 1 sampai 3 Juli 2020,” ujarnya dalam konferensi pers hari ini, Senin (29/6).

Dia menjelaskan, jalur prestasi dimaksudkan untuk mengakomodir calon peserta didik berprestasi secara akademis. Pada jalur ini, kuota untuk jenjang SMP telah disiapkan sebanyak 25 persen, yakni 20 persen untuk calon peserta didik baru dari DKI Jakarta dan 5 persen dari luar ibu kota.

“Sedangkan jenjang SMA disiapkan kuota sebanyak 55 persen terdiri dari 50 persen untuk calon peserta didik baru dari DKI Jakarta dan 5 persen dari luar Jakarta,” imbuhnya.

Seleksi utama yang digunakan dalam jalur prestasi akamdemis ini memperhitungkan rata-rata nilai akademis selama 5 semester terakhir dan nilai akreditasi sekolah asal. Nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SD ke SMP meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Pendidikan Kwarganegaraan

Sedangkan nilai rapot untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa Inggris. Proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke nilai yang lebih rendah sesuai jumlah kuota yang tersedia.

“Proses seleksi dan pilihan sekolah pada jalur prestasi akademis tidak terikat zonasi. Calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memlih sekolah di seluruh wilayah DKI Jakarta,” tuturnya.

Nahdiana menambahkan, calon peserta didik baru dapat memilih tiga pilihan sekolah sesuai dengan urutan prioritas pilihan. Jika dari ketiga pilihan tersebut belum lolos seleksi, calon pesrta didik baru dapat mendaftar dan memilih kembali sekolah lainnya sepanjang masih dalam periode seleksi jalur prestasi akademis, yaitu sampai tanggal 3 Juli 2020 pukul 15.00.

“Proses ini kami sudah berkoordinasi dengan Kemendikbud dan sudah sesuai peraturan kementerian yang ada,” ucapnya. (II)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *