5 Destinasi Wisata Wajib Datang Usai Pandemi

Jakarta: Masa pandemi COVID-19 memang nampaknya tak kunjung berakhir, banyak masyarakat yang harus mengikuti anjuran pemerintah agar melakukan segala hal di rumah. Seperti bekerja, bersekolah, bekerja, melakukan segala aktivitas juga harus di rumah.

Hal tersebut pastinya akan membuat bosan dan usai pandemi pasti mereka sudah merencanakan banyak hal termasuk holiday. Berikut rekomendasi pariwisata usai pandemi yang dirangkum RRI dari berbagai sumber:

1. Bali

Bali adalah sebuah pulau di Indonesia yang dikenal karena memiliki pegunungan berapi yang hijau, terasering sawah yang unik, pantai, dan terumbu karang yang cantik. Terdapat banyak tempat wisata religi seperti Pura Uluwatu yang berdiri di atas tebing.

Di Selatan, kota pesisir pantai Kuta menawarkan wisata hiburan malam yang tak pernah sepi, sementara Seminyak, Sanur, dan Nusa Dua dikenal dengan suguhan resor yang populer. Pulau Bali juga dikenal sebagai tempat untuk relaksasi dengan yoga dan meditasi.

2. Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal kota istimewa ini? Kota ini selalu dipadati oleh wisman saat liburan. Kota ini menjadi sangat istimewa karena merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan.

Keistimewaan lainnya dari kota ini adalah banyaknya peninggalan candi yang tersebar di berbagai wilayahnya. Candi-candi di Yogyakarta bahkan masuk kedalam daftar situs warisan dunia.

Selain candi, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner.

3. Pulau Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau berada di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Taman laut Bunaken memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam para wisatawan dapat bersentuhan langsung dengan ikan-ikan dan dapat menyelam dengan kapal yang mempunyai kaca transparan.

4. Kepulauan Gili

Kepulauan Gili atau Tiga Gili adalah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil atau pulau Gili kembar tiga yaitu terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, ketiga gili tersebut terletak tepat di lepas pantai barat laut Lombok, Indonesia.

Kepulauan ini merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan. Setiap pulau memiliki beberapa sanggraloka kecil, biasanya terdiri dari kumpulan pondok untuk wisatawan, kolam kecil, dan restoran.

Sebagian besar penduduk lokal tinggal di Trawangan di kota yang membentang di sepanjang sisi timurnya di pedalaman. Lalu lintas mobil dan kendaraan bermotor dilarang di kepulauan ini oleh peraturan setempat, dengan demikian metode transportasi yang disukai adalah dengan berjalan kaki dan bersepeda atau kereta yang ditarik kuda yang disebut Cidomo.

Penyelaman skuba dan bebas di dan sekitar Kepulauan Gili juga populer karena berlimpahnya kehidupan laut dan formasi karang yang menarik. Tempat menyelam yang paling terkenal adalah titik Hiu, titik Manta, dan karang Simon.

5. Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur mampu mengundang banyak wisatawan karena keindahan pemandangan alam dari ketinggian pegunungan. Nama Gunung Bromo sendiri diambil dari salah satu dewa utama dalam agama Hindu yaitu Brahma, gunung ini memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan air laut.

Di Gunung Bromo kamu akan bertemu dengan hamparan gunung nan indah dikelilingi awan putih dan angin yang sejuk, pemandangan di Gunung Bromo membuat takkan membuat kamu jenuh. Dari Gunung Bromo kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit dari ketinggian 2.780 meter di atas permukaan air laut dihiasi indahnya hamparan pegunungan seperti negeri di atas awan.

Nah, itu tadi 5 destinasi wisata yang jadi rekomendasi untuk liburan kalian setelah pandemi. Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dan jangan lupa menabung ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *