Kawasan Puncak Mulai Padat, 776 Orang Dites Cepat, 9 Reaktif

0
(0)

Cibinong – Kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, mulai dipadati pengunjung. Untuk memastikan kawasan ini tetap steril dari penularan Covid-19, Pemkab Bogor menggelar tes cepat virus corona jenis baru di tiga titik, Sabtu (20/6).

Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan, dari tes cepat Covid-19 di kawasan itu, hasilnya sembilan orang dinyatakan reaktif. Sedikitnya 2.000 alat tes cepat dan 500 alat tes usap disediakan dalam pemeriksaan tersebut.

“Total yang mengikuti pemeriksaan 776 orang, hasilnya sembilan orang reaktif,” ungkapnya saat dihubungi Antara di Bogor, Sabtu (20/6).

Pemeriksaan secara massal itu berlangsung di tiga tempat yang biasa ramai dikunjungi wisatawan. Pemeriksaan massal dilakukan karena Jalur Puncak Kabupaten Bogor belakangan mulai dipadati kembali para wisatawan saat akhir pekan, meski masih dalam situasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional.

Pemeriksaan di titik pertama yakni di Masjid At Taawun Kecamatan Cisarua. Di titik ini, 200 orang diperiksa dan hasilnya enam orang reaktif. Titik kedua, di Agrowisata Gunung Mas Kecamatan Cisarua. Sebanyak 252 orang yang diperiksa, tiga di antaranya reaktif.

Titik ketiga, di halaman Masjid Harakatul Jannah Gadog, Kecamatan Ciawi. Sebanyak 324 orang diperiksa, hasilnya nihil reaktif.

Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu mengatakan, mereka yang dinyatakan reaktif dari hasil tes cepat, langsung dites usap di tempat yang sama.

“Kemarin sempat viral video lautan manusia di Puncak, kendaraan yang datang saat itu didominasi dari kendaraan plat luar Bogor. Makanya, hari ini juga diprioritaskan orang luar Jawa Barat dulu yang tes,” kata Ade Yasin.

Petugas, kata dia, akan terus menggelar pemeriksaan Covid-19 secara masif di Kabupaten Bogor, khususnya di lokasi-lokasi yang menjadi ruang publik.

“Mudah-mudahan langkah hari ini tepat, terima kasih untuk semua unsur yang terlibat, semoga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan Kabupaten Bogor siap menyambut new normal (normal baru),” katanya. (Aza/Ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *