Ancol Dibuka, Hanya Warga DKI yang Boleh Masuk

0
(0)

Jakarta -Sejumlah destinasi wisata di ibu kota kembali beroperasi di tengah pandemi virus corona (Covid-19) mulai Sabtu (20/6). Selain Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) di Jakarta Utara juga mulai membuka gerbang wisatawan.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Indonesiainside.id, Jumat (19/6), Corporate Comunications TIJA, Rika Lestari, mengatakan bahwa salah satu syarat pengunjung ialah ber-KTP DKI, pengunjung yang bukan warga DKI belum diizinkan masuk. Kemudian, lanjut Rika, evaluasi terkait aturan tersebut diatur berdasarkan kondisi penanganan Covid-19 di ibu kota.

“Manajemen hanya mengizinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol. Warga di luar area tersebut akan dilakukan penyesuaian dikemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi covid-19,” ujarnya.

Ia juga memaparkan terkait layanan tiket yang kini sudah dapat diakses melalui sistem daring, begitu pula pembayaran yang dilakukan secara nontunai. Sehingga, tiket fisik dan pembayaran tunai sudah tidak dilayani.

“Caranya dengan membuka situs www.ancol.com dan klik menu tiket, pilih tipe tiket dan unit rekreasi yang dituju, pilih tanggal reservasi kunjungan, lalu jika kuota tersedia tanggal tersebut bisa dipilih dan bila kuota telah habis maka bisa memilih tanggal lainnya. Pembelian tiket sudah mencakup tiket Gerbang Ancol dan unit rekreasi,” paparnya.

Ia menuturkan, pengunjung yang membawa kendaraan, wajib membeli tiket kendaraan di laman tiket tersebut. Selain itu, pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50 persen dari kapasitas normal juga dilakukan, dan mereka yang tidak diperkenankan berekreasi di Ancol ialah anak di bawah usia 5 tahun, Ibu hamil, dan pengunjung yang berusia di atas 50 tahun.

Selama berekreasi, pengunjung diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, Cina, itu. Mulai dari pengaturan jaga jarak, wajib memakai masker, dan menjaga kebersihan harus dilakukan para pengunjung.

Pihak pengelola Ancol juga memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional selama masa PSBB transisi ini. Unit rekreasi yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, dan Sea World Ancol.

“Serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya,” tuturnya.

Berikut informasi jam operasional Ancol:

– Pintu Gerbang Ancol: pukul 06.00-18.00 WIB.
– Pantai dan Kawasan Ancol: pukul 06.00-20.00 WIB.
– Dunia Fantasi: pukul 10.00-17.00 WIB.
– Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol: pukul 09.00-17.00 WIB.
– Allianz Ecopark: pukul 07.00-17.00 WIB. (SD)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *