Jelang New Normal, Nadiem Diminta Beri Pedoman Pendidikan yang Jelas

0
(0)

Jakarta – Inisiator Bunda Pintar Indonesia, Zita Anjani, meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, memberikan pedoman yang jelas untuk para tenaga pendidik menjelang new normal atau tatanan normal baru. Permintaan tersebut dituangkan melalui surat terbuka kepada Nadiem.

“Siapkan pedoman bagi pendidik hadapi new normal. Berikan bekal yang cukup dan terukur. Bila situasi memungkinan ke sekolah, kita buka sekolah, namun bila mengharuskan kembali belajar dari rumah, semuanya harus jadi lebih siap,” kata Zita dalam surat tersebut, hari ini (14/6).

Sebagai pendidik, Zita ingin ada panduan yang jelas untuk belajar jarak jauh. Misalnya berapa jam harus belajar daring, aplikasi yang digunakan apa, sampai berapa besar subsidi kouta internet (DiKI). Bahkan, kata dia, siswa yang tidak punya gadget canggih juga harus menikmati haknya sebagai pelajar.

“New normal jangan sampai mengakibatkan new problem dan new discrimination,” ucap Zita. Ia ingin para siswa merasa dicintai, tidak iri dengan pelajar lain yang orang tuanya memiliki kemampuan ekonomi untuk melengkapi fasilitas belajar jauh.

“Besar harapan kami kepada Mas menteri, semoga sehat selalu dalam bekerja. Anak-anak kami menantikan cinta dari Mas Menteri yang mereka sangat sayangi,” ucap wanita yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk memasuki new normal. Sebaliknya, promosi new normal bisa berubah jadi mimpi buruk karena dilakukan sebelum virus Covid-19 dikendalikan. Para ahli kesehatan pun mengingatkan agar pemerintah menyelesaikan masalah kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan pelonggaran atas pembatasan sosial di masa pandemi. (SD)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *