Jelang Pelaksanaan Haji 2020, Infeksi Covid-19 Arab Saudi Tembus 100.000 Kasus

0
(0)

Riyadh – Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan bahwa jumlah infeksi Covid-19 di Arab Saudi melampaui 100.000. Lonjakan baru infeksi itu terjadi hanya beberapa minggu menjelang dimulainya pelaksanaan ibadah haji 2020.

Dilansir dari Anadolu Agency, Arab Saudi hari Senin (8/6) mengkonfirmasi 34 kematian lebih akibat virus corona baru selama 24 jam terakhir, menjadikan angka kematian nasional menjadi 746. Ini merupakan yang tertinggi di Teluk. Kerajaan Saudi mengonfirmasi lonjakan infeksi diduga karena melonggarkan aturan pembatasan di seluruh wilayah negara itu, kecuali Makkah. Kasus harian tercatat melebihi 3.000 untuk hari kedua berturut-turut pada hari Ahad (7/6).

Sebelumnya, pada Jumat (5/6), kerajaan mengumumkan kembali memberlakukan lockdown di kota Jeddah, pintu gerbang ke ibadah haji dan umrah umat Muslim ke Makkah, selama dua minggu. Langkah-langkah tersebut termasuk jam malam mulai dari jam 3 sore hingga pukul 6 pagi, penangguhan shalat di masjid, dan perintah tinggal di rumah untuk pekerja sektor publik dan swasta di kota itu.

Setelah melonggarkan tindakan pencegahan di kerajaan itu pada akhir Mei, kementerian mengatakan bahwa langkah-langkah ketat juga dapat segera diberlakukan di Riyadh, yang mencatat peningkatan terus menerus selama beberapa hari terakhir, dari kasus-kasus kritis pandemi. Kerajaan mengatakan akan terus menunda pelaksanaan ibadah umrah ke Makkah dan Madinah sampai akhir tahun, karena kekhawatiran pandemi virus corona menyebar di kota-kota paling suci di Islam.

Sementara itu, pihak berwenang belum mengumumkan apakah mereka akan melanjutkan haji tahun ini, yang dijadwalkan pada akhir Juli mendatang. Tahun lalu, sekitar 2,5 juta umat beriman melakukan perjalanan ke Arab Saudi dari seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam pelaksanaan ibadah haji. (NE)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *