Tatanan Kehidupan Baru, Ojol Siap Membawa Penumpang

0
(0)

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai Juni dan memasuki masa transisi di tengah masa pandemi Covid-19.

Namun, Anies juga mengumumkan bahwa sejumlah pusat perbelanjaan akan mulai dibuka secara bertahap mulai 15 Juni mendatang.

Bukan hanya itu, tapi juga fasilitas umum berikut tempat-tempat rekreasi akan dibuka kembali namun dnegan syarat harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

PSBB yang kembali diperpanjang ini jika dilihat, dicermati, memang menjadi aturan yang mengikat kebijakan Tatanan Kehidupan Baru nantinya.

BACA JUGA: 76,9 Persen Permohonan SIKM Ditolak Pemprov DKI Jakarta

Untuk diketahui, Tatanan kehidupan Baru adalah keadaan dimana kegiatan dan aktivitas masyarakat kembali dibuka dalam keadaan terbatas secara bertahap, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dan protokol kesehatan tersebut diatur dalam PSBB.

Tanpa disadari, perpanjangan PSBB ini kembali berdampak langsung kepada para pengemudi ojek online (ojol). Dimana sebelumnya, mereka juga sudah tidak bisa membawa penumpang selain pesanan makanan atau kiriman paket.

Namun demikian, dengan pemberlakuan Tatanan kehidupan Baru, tentu harapan para pengendara ojek online untuk bisa membawa penumpang lagi akan segera terpenuhi.

Syaratnya tegas, harus mengikuti aturan atau protokol kesehatan, misalnya pengemudi ojek online harus menyiapkan masker dan pencuci tangan, selain itu bagi penumpang harus memiliki helm sendiri.

Andreas, seorang pengemudi ojek online mengatakan, dia sangat berharap sekali kepada pemerintah untuk mengijinkan pengemudi online kembali membawa penumpang.

“Memang saya sudah mendengar informasi tentang persyaratan bagi penumpang ojek online harus membawa helm sendiri lebih higienis, dan dari pengemudi juga sudah mempersiapkan masker dan sarung tangan,” ujar Andreas kepada rri.co.id di kantor Samsat Jakarta Timur, Jumat (5/06/2020).

Dirinya mengutarakan, peraturan yang dikeluarkan pemerintah di tengah pandemi Corona ini, harus disambut oleh semua lapisan masyarakat.

“Saya menyambut baik imbauan pemerintah khususnya di kalangan pengemudi ojek online, karena demi kesehatan bersama,” tuturnya.

Hal yang sama juga dituturkan Eko, driver ojol lainnya. Menurutnya, apabila sudah diijinkan untuk membawa penumpang, tentu ia akan mempersiapkan seluruh persyaratan.

“Dimana harus menjaga jarak antara driver dengan penumpang, selain itu harus membawa masker dan sarung tangan,” tandasnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *