Bikin Mobil Listrik, VW Investasi 2 Miliar Euro di Cina

Jakarta – Produsen otomotif terbesar Jerman Volkswagen mengumumkan akan berinvestasi sekitar 2 miliar euro (1 euro = Rp16.276) dalam mobilitas berbasis listrik di Cina.

Volkswagen akan menginvestasikan 1 miliar euro dengan meningkatkan kepemilikannya dalam perusahaan patungan (joint venture) mobil listrik bersama JAC Motors Cina dari 50 menjadi 75 persen, serta mengakuisisi 50 persen kepemilikan di perusahaan induk JAC, JAG, ujar pihak perusahaan itu.

“Bersama mitra yang kuat dan andal, Volkswagen memperkuat strategi elektrifikasinya di Cina,” kata CEO Volkswagen Herbert Diess.


Didirikan pada 2017, perusahaan patungan JAC Volkswagen merupakan perusahaan kendaraan listrik yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV).

Produsen mobil Jerman itu menyebut rencana ekspansi hingga lima model baru kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicles/BEV) pada 2025, serta membangun “pabrik model elektrik berskala penuh.”

Selain itu, Volkswagen juga mengumumkan akan mengakuisisi 26 persen saham di perusahaan produsen baterai Cina Gotion High-Tech Co., Ltd. dengan nilai sekitar 1 miliar euro, menjadikannya pemegang saham terbesar di perusahaan Cina itu.

Volkswagen akan menjadi produsen otomotif global pertama yang berinvestasi langsung pada pemasok baterai di Cina, ujar pihak perusahaan tersebut. Kemitraan dengan Gotion merupakan “peluang” bagi Volkswagen untuk “mencapai pengetahuan yang lebih dalam di bidang baterai.”

Segmen mobil listrik “berkembang pesat” dan menawarkan “banyak potensi untuk JAC Volkswagen,” kata Diess. Dengan investasi di Gotion, Volkswagen akan “aktif memajukan pengembangan sel baterai di Cina.”

Menurut Volkswagen, Gotion akan tetap memegang proyeknya di seluruh rantai nilai produk baterai, mulai dari sumber daya, pengembangan, dan produksi hingga daur ulang, dan “dalam proses menjadi pemasok baterai Volkswagen Group tersertifikasi di Cina.” (EP/xh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *