Belajar dari Rumah Siswa Aceh Diperpanjang

0
(0)

Banda Aceh – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh resmi memperpanjang kegiatan belajar di rumah hingga 20 Juni mendatang bagi siswa-siswi di tanah rencong. Kebijakan itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh bernomor 08/INSTR/2020 pada Sabtu (30/5).

SE yang ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, itu memuat tentang perpanjangan pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa tanggap darurat corona di tanah rencong. Dalam salah satu poinnya menyebutkan perpanjangan belajar jarak jauh.

“Melanjutkan pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah yang semula diperpanjang sampai dengan 30 Mei 2020, diperpanjang kembali sampai dengan 20 Juni 2020,” tulis Nova dalam surat tersebut.




Kebijakan tersebut berlaku untuk semua sekolah, madrasah, dayah terpadu/tahfidz dan lembaga pendidikan lainnya, seperti TPQ, Majelis Taklim, Madrasah Diniyah dan lembaga kursus dan pelatihan.

Setiap siswa-siswi tetap melaksanakan kegiatan belajar dari rumah dengan mekanisme secara daring atau jarak jauh. Semetara guru diwajibkan memberikan materi pelajaran dan tugas yang bersumber dari buku paket dan sumber lainnya.

Sedangkan untuk proses ujian semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dan penentuan kenaikan kelas, tetap berpedoman pada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nomor 4 tahun 2020. Kemudian, para siswa maupun guru dilarang melakukan kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

“Seperti kegiatan perpisahan siswa di sekolah, perlombaan, peringatan hari besar islam, MTQ, zikir, pengajian, majelis taklim dan lainnya,” jelasnya lagi.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani membenarkan perihal surat edaran tersebut. Kata dia, perpanjangan belajar dari rumah sesuai isi dalam surat itu. “Sesuai isi surat tersebut (perpanjangan belajar di rumah),” ujar Saifullah saat dikonfirmasi, Sabtu (30/5).(PS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *