Rektor Unair: Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Ranjang RS Unair Tidak Cukup

0
(0)

Home News Nusantara
Rektor Unair: Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Ranjang RS Unair Tidak Cukup
Oleh: Arif Supriyono -28/05/2020 – 16:08 WIB
rs unair
Rumah Sakit Universitas Airlangga, Surabaya. Foto: Istimewa.
Indonesiainside.id, Surabaya – Jumlah pasien Covid-19 di Rumah Sakit Univeritas Airlangga RS Unair), Surabaya, semakin banyak. Untuk itu, RS Unair membuat kebijakan melakukan penutupan sementara rumah sakit rujukan Covid-19 tersebut. Bahkan tersiar kabar, beberapa guru besar dan tenaga medis RS Unair juga terpapar corona.

“Kami tidak ingin memaksakan untuk menerima pasien sedangkan kapasitas ranjang tidak ada. Ini justru akan menimbulkan masalah baru. Tidak mungkin pasien dirawat seadanya atau ditaruh di instalasi gawat darurat,” kata Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih, pada Idonesiainside.id, Kamis (28/5), di Surabaya.

Dia menambahkan, ada lebih dari 100 pasien Covid-19 yang sedang dalam perawatan di RS Unair. Kecenderungannya, semakin hari jumlah pasien terus bertambah.

Lantaran keterbatasan ranjang, tuturnya, manajemen memutuskan untuk menutup sementara rumah sakit. Penutupan sementara ini merupakan ikhtiar bersama dalam melakukan penataan. Manajemen akan melakukan penambahan terhadap fasilitas yang kurang.

“Dalam waktu dekat, kami akan menambah 100 ranjang. Ini membutuhkan waktu. Kami juga perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan alat uji yang lebih baik lagi,” papar nasih.

Rektor tak ingin terjadi adanya penumpukan sampel Covid-19 yang hahrus menunggu lama dalam proses pengujiannya. Ia ingin agar sampel yang masuk pada hahri itu dapat diproses dan hasilnya bisa diketahui hari itu.

Tentang adanya tenaga medis yang terpapar virus corona, Ketua Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Unair, Dr Suko Widodo, mengakui. Dia engutarakan, semua dokter sehat namun dua tiga tenaga medis RS Unair yang positif Covid-19.

Berbeda dengan keterangan tersebut, di beberapa media sosial berdar informasi bahwa beberapa guru besar kedokteran Unair juga terpapar virus corona. Namun tak disebutkan berapa jumlahnya dan siapa saja nama-nama mereka. (AS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *