Puluhan Orang Masuk Jakarta dari Stasiun Gambir, Beberapa Harus Dikarantina

0
(0)

Jakarta – Sebanyak 37 orang pendatang diterima masuk ke Ibu Kota melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Namun, ada segelintir orang dari puluhan pendatang tersebut tidak membawa dokumen lengkap terkait keberadaannya di Ibu Kota.

“Total ada lima orang yang tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM), atau surat-suratnya tidak lengkap,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto, Selasa (26/5).

Senada dengan Heru, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara juga mengatakan, mereka yang tidak memiliki SIKM bakal dikarantina. “Iya sementara akan kami bawa untuk karantina. Kami sudah siapkan tempat karantinanya di gedung KONI, Jalan Tanah Abang 1 (Jakarta Pusat),” kata Bayu.

“Kami akan lakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode swab test. Sebelum hasilnya keluar, mereka tetap dikarantina,” tuturnya.

Bayu menuturkan, pemeriksaan SIKM untuk para pendatang yang masuk ke Jakarta Pusat akan difokuskan di Stasiun Gambir. Dia mengungkapkan bahwa dari 37 orang yang memiliki kelengkapan SIKM itu semuanya merupakan orang yang bekerja di 11 sektor yang dikecualikan dalam regulasi yang telah ditentukan.

“Sementara ini, di Jakarta Pusat layanan kereta api (dari luar Jabodetabek) adanya di Stasiun Gambir, jadi kami terfokus di sana, sampai PSBB berakhir. Yang pasti (para penumpang pemilik SIKM), dari 11 sektor yang diperbolehkan untuk beraktivitas,” ujarnya.

Bayu memaparkan, mayoritas dari mereka memiliki SIKM, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020 tentang pembatasan kegiatan berpergian keluar dan/atau masuk Provinsi DKI Jakarta dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Dengan demikian, puluhan orang itu diperbolehkan memasuki ibu kota.

“Hari ini ada total keberangkatan sekitar 60 orang dari Surabaya, dan yang masuk ke Jakarta ada 37 orang, sebagian ada yang turun di Semarang dan Cirebon. Kita lihat, mereka itu membawa SIKM dan yang lengkap dapat masuk ke Jakarta,” ungkapnya. (ASF)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *