Anies Baswedan Siagakan Kehidupan Normal Baru di Jakarta

0
(0)

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap menghadapi kehidupan normal baru pascawabah virus corona (Covid-19). Fase kehidupan normal baru di Jakarta sangat tergantung pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua yang akan berahir 4 Juni 2020.

“Penentunya adalah perpanjangan PSBB ini. Jika angka kasus baru Covid-19 menurun atau yang menurut istilah epidemiologi sebagai jumlah reproduksi corona mengecil (sekarang sekitar 1), maka Jakarta akan melakukan transisi menuju kehidupan normal baru,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (25/5).

Namun, jika yang terjadi adalah kondisi sebaliknya, maka keputusan menghadapi kehidupan normal baru akan ditunda. Bisa jadi, tutur Anies, kehidupan akan kembali ke awal atau memperpanjang PSBB lagi. Terutama, bila kasus Covid-19 kian bertambah.




Potensi memperpanjang upaya memerangi virus corona terjadi, ujarnya, bila kasusnya terus meningkat, warga tidak disiplin, dan mengabaikan protokol kesehatan. Ukuran utamanya adalah penambahan kasus Covid-19 makin meningkat pesat.

Anies merasa, pengendalian kasus Covid-19 memperlihatkan kemajuan berarti. Kemajuan ini merupakan hasil kerja sama masyarakat (Jakarta dengan Bodetbek) yang disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai petunjuk pemerintah.

“Jumlah kendaraan pribadi di jalanan turun 45 persen. Penumpang moda raya terpadu (MRT) tinggal 5 persen. Sedangkan pengguna bus umum tinggal 10-12 persen,” ungkap Anies.

Jakarta juga menerapkan aturan khusus bagi warga atau pemudik yang hendak kembali ke Jakarta. Mereka harus punya surat izin keluar-masuk (SIKM). Warga juga harus membuktikan punya surat keterangan sehat dari tes cepat dan tes swab (PCR).

Secara khusus Anies meminta agar pemudik menunda dulu untuk kembali ke Jakarta. Hanya warga yang memiliki kepentingan tertentu (sesuai peraturan gubernur DKI) yang boleh kembali ke Jakarta. (AS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *