1.200 Warga DKI Jalani Tes PCR Covid-19, 108 Dinyatakan Positif

0
(0)

Jakarta – Hasil tes cepat (rapid test) Covid-19 yang reaktif akan langsung ditindaklanjuti dengan swab tes atau tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Sehingga, hasil yang diperoleh akan sesuai dengan apa yang diatur di dalam protokol kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan bahwa puluhan ribu warga DKI telah diperiksa terkait hal tersebut. Ia menuturkan, satu pasien dapat dites beberapa kali selama periode perawatan.

“Secara kumulatif, pemeriksaan PCR yang telah dilakukan di DKI Jakarta sampai dengan tanggal 11 Mei 2020 sebanyak 87.552 sampel. Sedangkan, tes PCR per tanggal tersebut dilakukan pada 2.500 orang. Sebanyak 1.200 tes dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus baru dengan hasil 108 positif dan 1.092 negatif,” ujarnya melalui video konferensi pers dan dikutip Indonesiainside.id, Selasa (12/5).


“Untuk orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 1.909 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 10.501 orang (10.320 sudah selesai dipantau dan 181 masih dipantau), dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 7.095 orang (6.508 sudah pulang dari perawatan dan 587 masih dirawat),” paparnya menambahkan.

Selain itu, ia menuturkan bahwa Dinkes DKI juga menyediakan layanan konsultasi untuk para pasien Covid-19. Dengan demikian, keluh kesah yang dialami oleh pasien dapat diungkapkan melalui kanal yang telah disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Pemprov DKI melalui dinas kesehatan juga telah memberikan layanan kesehatan jiwa (mental) terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses layanan konsultasi daring melalui aplikasi sahabat jiwa pada laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id,” tuturnya.(PS)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *