Resep Takjil Es Jeli Telur Ceplok Segar, Santapan Manis Menu Buka Puasa

Spread the love

Jakarta – Momen buka puasa di bulan Ramadhan ini rasanya tak lengkap tanpa kehadiran santapan manis ketika adzan telah berkumandang. Apalagi setelah seharian penuh menahan dahaga di tengah panasnya cuaca Ibu Kota sudah pantas memang jika dibayar dengan menyantap menu takjil yang segar-segar.

Sambil menunggu buka puasa, biasanya sebagian orang memanfaatkan waktu dengan ngabuburit bersama keluarga ataupun sahabat. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini acara ngabuburit pun terpaksa dilakukannya di rumah saja.

Selama masa pandemi di bulan Ramadhan ini, kalian bisa memanfaatkan waktu ngabuburit di rumah dengan membuat hidangan menu takjil untuk buka puasa. Salah satunya yaitu membuat es jeli telur ceplok.

Selain rasanya yang manis dan segar, pembuatan es telur ceplok pun mudah dilakukan. Harga bahan-bahannya juga ramah di kantong. Berikut resep es jeli telur ceplok segar, sebagaimana indonesiainside.id kutip dari masakan simple.

Bahan-bahan:
1 bungkus santan instan
450 ml air hangat
Gula putih
1 bks jeli plane berwarna putih dan kuning
1 bks jeli rasa mangga
Kental manis

Cara pembuatan Es Jeli Telur Ceplok:
Pertama, jeli mangga menyerupai kuning telur.
Siapkan air hangat sebanyak 450 ml dan tuangkan gula hingga larut. Kemudian campur jeli rasa mangga kedalam air gula tersebut dan aduk hingga merata jangan lupa campurin kental manis sebanyak 2 sendok makan atau secukupnya.

Campuran jeli tersebut pindahkan ke dalam wajan dan masak dengan menggunakan api yang sedang, kemudian aduk. Ketika sudah mendidih, matikan kompor tersebut dan tuang jeli ke dalam cetakan kue talam atau cetakan yang berbentuk bulat kecil seperti kuning telur.

Sisa cairan jeli tersebut, tambahkan cairan 1 sdm kental manis dan masukan ke wadah dan tunggu hingga mengeras.

Kedua, jeli putih menyerupai putih telur.
Larutkan gula dengan air hangat sebanyak 450 ml, masukan jeli plan atau berwarna putih dan kental manis sebanyak 2 sdm. Kemudian masak dan aduk hingga larut tunggu sampai mendidih.

Taruh jeli mangga yang tadi sudah dibuat di dalam mangkuk bundar kecil dan tuangkan jeli putih. Sebagai catatan, cetakan yang dipakai bisa apa saja, asalkan memiliki bentuk bulat dan datar.

Sisa jeli putih tersebut bisa dimanfaatkan dengan membuat suasana telur ceplok lebih berwarna. Kalian bisa memanfaatkannya dengan mencampurkan pewarna hijau dan kuning. Aduk hingga merata dan tunggu hingga mengeras.

Setelah mengeras, kedua jeli warna hijau dan kuning tersebut di iris halus tampak seperti mie. Setelah selesai, masukan es batu yang sudah hancur ke dalam mangkuk dan tata es batu, mie jeli, serta jeli telur ceplok yang sudah tadi buat, jangan lupa campurkan susu cair untuk mendapatkan nuansa seperti kuah. Jadi deh. (SD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *