Jika Kim Jong Un Tiada, Adik Perempuannya Jadi Calon Kuat Penggantinya

Spread the love

Pyongyang – Teka-teki kondisi dan keberadaan pemimpin tertinggi Korea Utara (Kout), Kim Jong Un, belum juga terungkap. Namun, kini malah sudah muncul isu siapa yang akan menggantikan Jong Un kelak.

Para pengamat internasional memperkirakan, jika Jong Un benar-benar tiada, calon kuat yang akan menggantikannya adalah adik perempuannya bernama Kim Yo Jong. Wanita berusia 31 tahun itu selama dua tahun ini sudah sering terlihat ikut acara-acara penting kenegaraan.

Yo Jong juga punya jabatan resmi, yakni sebagai wakil direktur Komite Pusat Partai Pekerja. Posisi ini menempatkan Yo Jong sebagai kepala staf di lingkungan istana. Dia juga menjadi anggota Komite Sentral Polit Biro di Partai Buruh.

Menurut beberapa kantor berita internasional (CNN, New York Post, dan Reuters), Kamis (23/4), ada pesaing lainnya dari Yo Jong. Kebetulan pesaing itu juga seorang wanita. Namanya Kim Kyong Hui. Wanita ini merupakan bibi dari Jong Un atau adik Kim Jong Il.

Kyong Hui minggir dari arena politik setelah suaminya, Jang Song Taek, dihabisi oleh Jong Un pada 2013. Kyong Hui sempat menjadi wanita kuat tatkala kakaknya, Jong Il, memegang kendali Korut. Akan tetapi kini kondisi Kyong Hui tidak terlalu bugar benar karena pernah mengalami sakit agak serius.

Adapun kakak sulung Jong Un, Kim Jong Chol, tampaknya sudah sama sekali tidak tertarik berkiprah di politik. Jong Chol bahkan berseberangan dengan Jong Un dan sudah lebih menekuni dunia musik.

Di luar itu, rasanya tidak ada lagi calon kuat pengganti Jong Un. Anak sulungnya juga masih berusia 10 tahun. Kelak bisa jadi anak itu bakal mengambil kepemimpinan Korut. Tapi untuk masa sekarang, anak itu belum waktunya memegang kendali kekuasaan.

Isu tentang kondisi kesehatan Jong Un muncul pada 15 April saat peringatan ulang tahun ke-108 almarhum kakeknya, Kim Il Sung. Jong Un saat itu sama sekali tidak muncul. Kabar lain menyebutkan Jong Un mati otak setelah operasi pembuluh darah jantung.

Ada pula beberapa kanal YouTube yang menyebut sesungguhnya Jong Un telah meninggal. Namun Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tidak percaya kabar ini. Walau begitu, Trump sempat mengutarakan akan menyiapkan rencana darurat jika Jong Un benar meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *