Wacana Karantina, Kemenhub Akan Tutup Layanan Transportasi ke Luar Jakarta

Spread the love

Jakarta : Pemerintah akan mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020. Larangan mudik tersebut ditujukan bagi masyarakat yang berada di wilayah zona merah corona DKI Jakarta.

Nantinya, bagi warga yang ditemukan dalam perjalanan mudik akan diminta kembali ke tempat tinggalnya.

Pemerintah sendiri akan kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polri dan TNI.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan kebijakan larangan mudik tersebut dilaksanakan dengan penutupan jalan akses keluar dari Jabodetabek, seperti jalan tol dan jalan nasional.

“Sekarang kan masih imbauan untuk tidak mudik, kita akan tingkatkan menjadi larangan, namun ini masih belum final,” katanya.

“Nanti Kemenhub akan kerja sama dengan Polri serta TNI untuk menutup jalan-jalan keluar Jabodetabek. Kalau dilarang tentu butuh reward dan punishment, yang tetap mudik dikenakan punishment apa, kalau yang tidak mudik diberi reward seperti apa, masih akan dirapatkan,” sambungnya.

Sebelumnya Pemerintah sendiri telah membatalkan seluruh program mudik gratis 2020.

Budi juga menyebut bahwa Jakarta kemungkinan besar akan dikarantina. Hal tersebut ia katakan sesuai dengan hasil rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Rencana tersebut akan diputuskan setelah melakukan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan kementerian lainnya pada Senin (30/3/2020). Saat ini Kemenhub juga tengah berupaya menyiapkan regulasi untuk karantina di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *