Masker Ilegal Bukan Buatan Pabrik Tak Bisa Menangkal COVID-19,

Spread the love

Hariannasional.com, Jakarta – Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi mngatakan masker bedah palsu maupun masker kain tak bisa menangkal virus corona. Adib angkat bicara soal penemuan pabrik pembuatan masker bedah palsu oleh polisi beberapa hari lalu.

Adib mengatakan masker ilegal buatan pabrik itu tak bisa menangkal virus seperti corona atau COVID-19, karena tak sesuai standar kesehatan.

Menurut Adib, masker bedah dibuat sesuai standar, terdiri dari 3 lapis yang pada lapisan tengah terdapat filter untuk menahan virus masuk atau ke luar dari tubuh seseorang.

“Masker bedah asli ada selapis untuk menahan virus dari luar dan dalam. Jadi ketika membeli masker, lihat bentuk fisiknya, jika seperti yang saya sebutkan bisa dikatakan itu asli,” ujar Adib.

Selain masker bedah palsu, ia mengatakan masker kain seperti yang banyak dipakai masyarakat juga tak bisa menangkal virus. Sebab, masker kain tak punya filter untuk menjaring virus.

“Ada juga masker jenis N95, tapi itu sesak walaupun paling aman. Jadi kalau sehari-hari, pakai masker bedah sudah cukup,” ujar Adib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *