Jual Harga Tinggi Produk Kesehatan, Menkominfo Akan Blokir Toko Online

Spread the love

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)Johnny G Plate akan menindak tegas, bagi akun-akun atau merchant yang tergabung dalam e-commerce Indonesia yang kedapatan menjual produk-produk kesehatan dengan harga yang tidak wajar.

Menteri Johnny bersama para staff dan jajarannya akan menjamin harga-harga di pasaran tetap berada dalam jangkauan masyarakat, dan tidak akan membiarkan fluktuasi harga keluar kendali.

“Kami mengingatkan sekali lagi, jangan sampai ada akun atau merchant yang menaikkan harga. Karena itu disamping akan di blokir juga akan dilakukan penertiban,” ujar Johnny saat melakukan video conference di kantornya, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Selain itu, hadir pula dua perwakilan dari masing-masing perusahaan situs jual beli online di Indonesia, yakni Tokopedia dan Bukalapak. Co-founder Tokopedia, Leontinus mengatakan pihaknya telah memblokir puluhan ribu merchant yang menjual produk kesehatan dengan harga tinggi.

“Sejak 2-3 bulan yang lalu, kami sudah mulai memperhatikan dan bisa sampaikan, produk-produk kesehatan dan produk-produk kebersihan sehari-hari sudah puluhan ribu sampai dengan hari ini yang sudah kami blokir,” kata Leontinus.

Begitu juga dengan kompetitornya, situs jual beli Bukalapak akan melakukan langkah serupa untuk menindak tegas para merchantnya.

Kementerian Kominfo juga mengapresiasi upaya platform digital dalam bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk membantu penggalangan dana, pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD) dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya Pemerintah melawan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *