Bedakan Terserang Virus Corona dan Flu? Ini Kata Direktur RSUD Datu Beru

Spread the love

Takengon: Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon dr. Hardi Yanis menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat mengenai serangan virus corona dan flu biasa.

Dijelaskan, pada dasarnya virus dikenal dengan sebutan self limited disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Hanya saja dalam hal virus corona atau covid-19 menyerang paru-paru, sedangkan batuk dan pilek biasa hanya menyerang hidung.

“Hanya corona ini menyerang paru, jadi kalau batuk, pilek biasa tidak menyerang paru, cukup di hidung aja, nanti beberapa hari sembuh sendiri. Tapi kalau corona ini menyerang paru, virusnya yang dikenal dengan pneumoni,” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon dr. Hardi Yanis, Sabtu (21/3/2020).

Diakui Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon dr. Hardi Yanis, secara klinis gejala hamper sama dengan flu biasa.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa virus corona lebih progresif yang dapat menyebabkan kematian.

“Untuk memastikan ini (penyakit) corona atau tidak tentu perlu pemeriksaan laboratorium dan foto torak. Sedangkan diagnosa pasti itu harus memakai pemeriksaan PCR dan terbatas yang ada di Jawa, Bandung, Jakarta, rumah sakit besar,” timpalnya.(RRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *