Ini Daerah Dengan Status Tanggap Darurat dan KLB COVID-19 di Indonesia

Spread the love

Jakarta : Jumlah korban positid dan meninggal akibat virus corona (covid-19) di Indonesia terus bertambah tiap harinya.

Data per Jumat (20/3), penderita positif corona di Indonesia Mencapai 369 orang. Dimana, sebanyak 32 orang dinyatakan meninggal dunia dan 17 lainnya berhasil sembuh dari virus ini.

Meski belum ada opsi lockdown di Indonesia, sejumlah daerah telah menetapkan status tanggap darurat dan kejadian luar biasa (KLB) untuk virus corona didaerahnya.

Warga diminta untuk menjauhi keramaian, melakukan social distancing 9menjaga jarak) hingga diimbau untuk beraktivitas dirumah seperti work from home dan lain-lainnya. Aktifitas persekolahan pun diimbau dilakukan dirumah. Hal ini guna menekan penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Berikut RRI rangkum dari berbagai sumber, daftar daerah yang sudah menerapkan tanggap darurat dan KLB:

1. DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi menetapkan status tanggap darurat virus corona (covid-19) dijakarta. Status tersebut diberlakukan sejak Jumat kemarin (20/3) hingga 14 hari kedepan, dan masa tanggap darurat ini bisa diperpanjang.

“Maka hari ini Jakarta tanggap darurat bencana Covid-19. Masa waktu 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang dengan kondisi,” kata Anies saat konferensi pers di Balai Kota yang disiarkan di laman Youtube Jumat (20/3)

Status tanggap darurat, lanjutnya, berarti seluruh komponen pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama TNI dan Polri akan bekerja bersinergi atau bekerja sama lebih erat. Dia juga meminta kerja sama dari warga DKI guna menekan penyebaran virus corona.

Anies berharap masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Setiap anggota masyarakat sudah sepatutnya bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Anies juga meminta semua perusahaan untuk menghentikan kegiatan perkantoran dan menginstruksikan pegawai untuk bekerja dari rumah (work from home). Selain itu Anies j uga menutup tempat wisata, bar, bioskop, klub malam dan lainnya sejak 23 Maret hingga 5 April mendatang.

Jakarta memang menjadi daerah di Indonesia yang jumlah korban positif dan meninggal akibat virus corona tinggi. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyebut jika terdapat 125 orang dinyatakan positif virus corona dengan 18 orang dinyatakan meninggal dan 14 lainnya dinyatakan sembuh.

2. Kepulauan Riau

Pemeritah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi menetapkan status tanggap darurat virus corona. Status ini menyusul temuan 3 pasien positif corona di daerah setempat.

“Terhitung mulai hari ini, Kamis (19/3), Kepri berstatus tanggap darurat COVID-19,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isdianto dalam konferensi pers di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis malam (19/3).

Dengan ditetapkannya status tanggap darurat COVID-19 di Kepri, Isdianto menyatakan jika pemerintah daerah sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Satgas ini, kata dia, akan bekerja keras untuk mengantisipasi, mencegah, hingga menangani penularan COVID-19 di masyarakat.

3. Daerah Istimewa Yogyakarta

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menetapkan status tanggap darurat bencana virus corona (Covid-19) di provinsi tersebut.

Penetapan status tanggap darurat ini ditetapkan dengan keputusan Gubernur dengan nomo 65/KEP/2020 tentang penetapan status tanggap darurat bencana corona virus disease 2019 (covid-19) di DIY yang di tandatangani oleh Sultan HB X pada Jumat (20/3).

Status tanggap darurat bencana virus corona di DIY berlaku mulai 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 mendatang. Meski demikian, status ini disebutkan bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyebut jika di DIY terdapat 4 orang dinyatakan positif terjangkit virus ini.

4. Bogor

Pemerintah Kota Bogor remsi menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona (covid-19) setelah Wali Kotanya, Bima Arya dinyatakan positif terjangkit virus ini.

Bima Arya dinyatakan positif terjangkit virus ini setelah pada 20 Maret lalu usai melakukan kunjungan kerja ke negara Turki dan Azerbaijan pada awal bulan Maret.

Belum diketahui di mana ia tertular, karena sebelum ke Turki ia juga sempat menghadiri acara GPIB di Hotel Aston pada 26 Februari. Seminar itu menjadi salah satu lokasi penularan corona yang telah menjangkiti 4 peserta.

Keputusan ini diambil setelah ditemukan tiga kasus terkonfirmasi positif terjangkit virus corona di Bogor, Bima Arya.

“Dengan adanya tiga kasus positif ini, maka Kota Bogor dinyatakan KLB. tiga kasus positif adalah walikota, satu pejabat pemkot dan satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah dirawat sebelumnya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/3)

Data terbaru menunjukan jika di Jawa Barat termasuk daerah Bogor, terdapat 41 orang dinyatakan positif terjangkit virus ini. 7 orang dinyatakan meninggal dan 1 lainnya dinyatakan sembuh.

5. Kalimatan Barat

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait pandemi virus corona atau Covid-19 didaerahnya.

Sekretaris Daerah Kalbar Al Leysandri menyebut jika, penetapan status KLB dikarenakan adanya dua warga positif Covid-19.

“Kejadian luar biasa ini ditetapkan karena adanta dua kasus positif Covid-19,” katanya saat konferensi pers, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya , saat ini pihaknya telah membentuk Gugus Tugas Pengendalian dan Pencegahan Wabah Corona Provinsi Kalbar dengan dia sendiri sebagai ketua.

“Gugus tugas yang dibentuk akan segera merumuskan formula kebijakan teknis agar wabah tersebut bisa diputus mata rantainya,” ucapnya.

Dalam beberapa waktu ke depan, sebanyak 14 kabupaten dan kota di Kalbar akan menyusul menerapkan status KLB di daerah masing-masing.

Melansir Kompas di Kalbar terdapat 284 pasien berstatus ODP masing-masing ada 81 orang di Kota Pontianak, 46 orang di Kabupaten Sanggau, 124 orang di Kabupaten Sintang, 14 orang di Kabupaten Kubu Raya, 17 orang di Kabupaten Sambas dan satu orang di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

6. Bojonegoro

Dilansir dari Tribunnews, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) non alam dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona didaerahnya.

Pemkab setempat pun mengambil keputusan untuk meliburkan persekolahan selama 6 hari terhitung 16-21 Maret 2020.

7. Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa) akibat wabah virus Corona di Provinsi Banten.

“Penetapan KLB sebagai salah satu upaya Pemprov Banten dalam membatasi kecepatan sebaran atau paparan virus corona (Covid-19) terhadap warga masyarakat dan wilayah di Provinsi Banten,” ujar Wahidin melalui siaran pers, Sabtu malam, (14/3/2020).

Ia juga memberikan instruksi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten agar meliburkan Siswa SMA/K Negeri dan Swasta maupun Sekolah khusus. Sekolah diminta melakukan kegiatan pembelajaran di rumah selama dua pekan sejak 16 sampai 30 Maret 2020 mendatang.

Selain itu Gubernur Banten juga tidak melaksanakan upacara dan apel bersama, membatasi berbagai kegiatan-kegiatan yang melibatkan kehadiran orang yang cukup banyak, membatalkan kunjungan kerja dan tidak menerima kunjungan kerja dari luar Banten hingga batas waktu Kejadian Luar Biasa (KLB) ini dinyatakan berakhir.

Dilansir Tempo

8. Kalimantan Timur

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait virus Corona (COVID-19) di daerahnya. Status ini diambil setelah terkonfirmasi jika terdapat satu kasus positif corona di daerah Kaltim.

“Karena sudah ada satu kasus, secara otomatis Kaltim dipastikan dalam status KLB. Namun kami harapkan warga tidak perlu khawatir karena saat ini yang bersangkutan dalam kondisi baik,” kata Isran di kantor Gubernur Kaltim, Rabu (18/3/2020).

Isran mengungkapkan, sejak 31 Januari hingga 18 Maret terdapat 35 kasus terkait Corona di Kaltim. Dari 35 kasus tersebut, 10 dinyatakan negatif Corona dan sisanya masih menunggu hasil pemeriksaan, dan 1 orang dinyatakan positif Corona.

Pemprov Kaltim sendiri telah menyiapkan 15 rumah sakit dengan total 70 ruangan. Dari 70 ruangan tersebut terdapat total 111 tempat tidur.

Dilansir Detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *