Harga Emas Surabaya Turun Rp3 Ribu akibat Corona

Spread the love

Hariannasional.com, – Harga emas berjangka berlanjut turun pada akhir perdagangan dunia Jumat, 13 Maret 2020. Harganya merosot 4 persen menuju kerugian mingguan terbesar sejak 1983.

Kondisi terjadi karena investor melepas emas untuk menimbun uang tunai guna menutup margin calls di pasar lain yang terpukul dampak dari wabah virus corona, dilansir dari Reuters.

Turunya harga emas dunia juga diikuti dengan turunnya harga emas Antam di dalam negeri. Di Indonesia, harga emas batangan milik antam berada di level yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Laman logammulia menyebut harga emas di butik emas Logam Mulia di CITO Surabaya per Sabtu 14 Maret 2020 sebesar Rp 818 ribu, turun Rp3 ribu dibanding harga sebelumnya, yaitu Rp 821 ribu per gram.

Sementara itu, harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini turun Rp 4.000 menjadi Rp 730.000/gram. Harga buyback ini berarti harga yang dipakai Antam untuk membeli emas yang dijual konsumen.

Harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka bawa NPWP saat transaksi.

Emas Antam lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum meski harga emas Antam bisa berbeda di berbagai gerai penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *