Ke Rumah SBY, Presiden PKS Buka-bukaan Soal Ini

Spread the love

Hariannasional.com, Jakarta – Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan membuka isi pembicaraan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Pertemuan itu digelar di kediaman Susilo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/3) malam.

Hinca menyebut pertemuan itu membahas soal ambang batas parlemen (parliamentary threshold). Ia mengatakan bahwa SBY, Demokrat, dan PKS memiliki pandangan yang sama soal ambang batas parlemen itu agar tidak dinaikkan menjadi 7 persen dari semula 4 persen.

“Kami punya pandangan yang sama. Kami menolak usulan 7 persen, apalagi kalau dimaksudkan hanya karena alasan penyederhanaan. Esensi PT yang sekarang ada 4 persen itu sudah ideal karena merepresentasikan keberagaman bangsa Indonesia,” kata Hinca dikutip dari Antara.

Setelah diskusi panjang soal ambang batas parlemen, Hinca mengatakan SBY dan Demokrat juga berdiskusi panjang soal ambang batas partai politik dalam mencalonkan Presiden (Presidential Threshold) dengan PKS. Ia mengatakan, SBY berpandangan bahwa idealnya Presidential Threshold itu adalah nol persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *