Ini Profil Pulau Sebaru, Wilayah Tak Berpenghuni Tempat Observasi 188 WNI Kapal Pesiar World Dream

Spread the love

Jakarta : Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk mengevakuasi 188 WNI kru kapal pesiar World Dream. Mereka akan diangkut dari World Dream yang saat ini berada di perairan internasional di dekat Pulau Bintan, Kepulauan Riau, menggunakan KRI TNI AL dr Soeharso. Saat ini KRI dr Soeharso sedang dalam perjalanan ke lokasi.

Setelah diangkut, para kru kapal tersebut akan dibawa ke Pulau Sebaru 1 yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pemerintah memilih Pulau Sebaru karena aman dan tak berpenghuni.

Seperti apa profil Pulau Sebaru?

Secara geografis, Pulau Sebaru berada di gugus Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Ada dua pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, yakni Sebaru Besar dan Sebaru Kecil. Sedang jumlah pulau di Kepulauan Seribu total sekitar 110 pulau.

Secara geografis, Pulau Sebaru Besar punya luas 27,7 hektar. Pulau tersebut berada di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Dari Pantai Mutiara Pluit, Jakarta Utara, jarak tempuh ke Pulau Sebaru memakan waktu 1,5 jam menggunakan kapal cepat atau speed boat.

Pulau ini kerap jadi destinasi favorit untuk pengunjung atau penyelam melihat keindahan laut. Bahkan ada yang menyebut keindahannya mirip Bunaken, Sulawesi Utara. Perairan pulau ini termasuk dangkal, antara 5 hingga 20 meter.

Terkait observasi Virus Novel Coronna (COVID-19), untuk memastikan WNI terbebas virus tersebu, sesuai protokol WHO mereka harus menjalani masa observasi selama 14 hari. Hal itu bertujuan untuk memastikan pulangnya WNI tak membawa virus dan penyakit ke negara asal.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan, pihaknya diundang mengikuti rapat di Kemenko PMK terkait realisasi observasi 188 WNI di Pulau Sebaru.

“Memang saya dipanggil rapat (di Menko PMK),” kata Husein kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Menko PMK Muhadjir Effendy sebelumnya mengatakan, 188 WNI dari kapal pesiar World Dream akan dibawa dan selanjutnya diobservasi di Pulau Sebaru.

“Lokasi sudah ditetapkan dan disiapkan, yaitu di kepulauan. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di Sebaru 1,” kata Muhadjir usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2/2020) siang.

“Pokoknya ada tempat yang kita anggap aman. Karena ada pulau yang tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai saja,” tambah Muhadjir.

Belum diketahui mana yang dimaksud dengan Sebaru 1, karena penamaan yang ada di Sebaru adalah Sebaru Besar dan Sebaru Kecil.

Kapal pesiar World Dream memutuskan tidak melanjutkan pelayarannya setelah seorang penumpang terinfeksi virus corona. Kapal itu menurunkan semua penumpangnya di Hong Kong pada 9 Februari dan kemudian memulangkan semua ABK kapalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *