Dampak Coronavirus Harga Bawang Putih Melonjak Naik di Lembang

0
(0)

Cimahi : Harga bawang putih dan bawang bombai di Pasar Panorama, di Lembang Kabupaten Bandung Barat, dalam sepekan ini terus mengalami kemaikan.

Berdasarkan pantauan RRI di Pasar Panorama Lembang, Minggu (9/2/2020), harga bawang putih saat ini memcapai Rp.60 ribu rupiah per kilogram.

Padahal seminggu sebelumnya harga bawang putih dipasaran hanya sekitar Rp.25.000,- hingga Rp.30.000,-.

Hal itu diakui oleh Tati (40) salah seorang pedagang bumbu di pasar Panorama Lembang saat ditemui RRI pagi tadi.

“Kenaikan harga bawang putih yang sangat terasa terjadi tiga hari ini. Mungkin pasokan mulai berkurang sebagai dampak larangan impor bawang putih dari China, ya gara-gara takut Coronavirus,” ujarnya.

Tidak hanya bawang putih, harga bawang bombai juga naik dari yang tadinya hanya Rp.24 .000.”,- sekarang naik menjadi Rp.40 .000,- perkilogram. Sedang untuk harga bawang merah masih stabil karena pasokannya dari dalam negeri sehingga tidak perlu impor dari luar negeri.

Saat ini persediaan bawang putih di pasar masih mencukupi, jika larangan impor masih terus belanjut harga Bawang putih dan bawang bombai kemungkinan akan terus memgalami kenaikan.

Sementara itu, harga telur ayam juga mengalami kenaikan, dari yang sebelumnya Rp.22.000,- per kilogram saat ini mencapai Rp.25.000,-.

“Ini naik sudah dua hari dari tingkat bandar, katanya musim hujang banyak ayam yang mati,” kataLina (48) pedagang telur di Pasar Panorama Lembang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *